Perusahaan Perlengkapan Bayi Mothercare

Mothercare merupakan perusahan yang menawarkan produk ibu hamil dan perlengkapan bayi serta anak hingga berusia 8 tahun. Perusahaan ini berpusat di Inggris atau Britania Raya.  Perusahaan ini sudah memiliki toko – toko yang tersebar diberbagai negara dan salah satunya Indonesia.
Pada awalnya bisnis ini hanya berfokus pada kereta dorong, furniture kamar bayi dan pakaian ibu hamil. Namun kemudian memperluas jangkauan pasarnya dengan mulai memasukan pakaian anak  sampai umur 5 tahun dan kemudian sampai usia 8  tahun dikarenkan permintaan pasar yang sangat tinggi akan pakaian anak. Sekarang produk Mothercare sudah meliputi semua kebutuhan, perlengkapan bayi dan produk ibu hamil.

Sejarah Perusahaan Perlengkapan Bayi Mothercare

Awal Berdirinya Mothercare

mothercare - toko perlengkapan bayi
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1961 oleh dua pengusaha yaitu Selim Zilkha dan Sir James Godlsmith dalam bentuk 1 toko kecil. Toko pertama Mothercare dibuka pada daerah Surrey, salah satu daerah di benua Inggris dengan ibu kota Kingston.  Dan produk pertama yang dijual adalah kereta dorong, furniture kamar bayi dan baju ibu hamil.

Semakin tinggi permintaan pasar akan produk lainnya, membuat pendirinya mulai memasukan produk lain. Produk lain yang pertama dimasukan adalah pakaian anak hingga umur 5 tahun. Tidak berhenti disana, produk – produk lain terus ditambahakan agar Mothercare bisa terus berkembang seperti pakaian anak hingga umur 8 tahun, peralatan mandi, perlengkapan ibu hamil dan lainnya.

Pemesanan Via Mail

Selain produk – produk yang ditambahkan, Mothercare juga menambahkan layanannya. Pada zaman dulu, tidak ada internet sehingga pemesanan jauh harus menggunakan mail (surat atau telegram). Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, layanan yang ditambahakan pada tahun 1962 adalah pemesanan via mail. Dengan adanya layanan ini, semakin banyak orang dari berbagai daerah Inggris yang dapat membeli produk Mothercare.

Perusahaan Mothercare Menjadi Perusahaan Publik

Setelah 11 tahun (tahun 1972), perusahaan Mothercare akhirnya terdaftar dalam ‘Bursa saham London’. Bursa saham Lodon merupakan salah satu bursa saham terbesar dunia. Dengan ini, perusahaan Mothercare resmi menjadi perusahaan public.

Merger Perusahaan Perlengkapan Bayi Mothercare

Pada tahun 1982, perusahaan Mothercare memutuskan untuk merger dengan Habitat, rantai bisnis pengecer. Setelah pengabungan ini, Mothercare dan Habitat membentuk Habitat Mothercare plc. Tidak berselang lama atau tepatnya pada tahun 1984, Mothercare mulai memperluas bisnisnya dengan cara bisnis waralaba (franchise) dengan mitra terpercaya dari berbagai negara pilihan.

toko mothercare
Pada tahun 1986, Habitat Mothercare  plc memutuskan untuk merger lagi dengan British Home Store plc  dan menjadi Storehouse plc. Kemudian perusahan merger ini membeli Children’s World dari perusahaan pada tahun 1996. Namun akhirnya perusahaan merger ini dirasionalisasikan. Pada tahun 2000, Mothercare manjadi satu-satunya merek dan nama perusahaan induk diubah kembali menjadi Mothercare plc.

Akuisisi ELC – Mainan Anak yang Mengedukasi

Pada tahun 2007, Mothercare mengakuisisi Chelsea Stores Holding Limited yang merupakan pemiliki dari brand / merek Learning Centre Dini (ELC). Pada mulanya ELC yang didirikan pada tahun 1974 adalah bisnis mail order yang menawarklan buku dan mainan anak dengan konten pendidikan / mengedukasi. Dengan akuisisi ini, Produk Mothercare lengkap karena akhirnya ada mainan anak serta balita yang lengkap.

Sejarah yang panjang dan penuh cerita menyiratkan bahwa perusahaan Mothercare sudah sangat berpengalaman dalam menyediahkan kebutuhan ibu hamil, bayi serta anak. Terbukti dengan penjalannya yang kian hari semakin membuatnya dipercaya dan menjadi pilihan para Bunda. Bahkan sekarang toko serta perusahaan perlengkapan bayi Mothercare bisa ditemukan di kota – kota besar dunia.

Sumber langsung Wikipedia dan Website Mothercare –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger