Ternyata Ini Dampaknya Jika Terlalu Sering Menangis Saat Hamil

Minggu, 03 Desember 2017
wanita hamil menangis
image source: Healthline
Konsumsi gizi selama hamil tentu harus diperhatikan. Mengapa? Hal ini dilakukan semata untuk menjaga agar kebutuhan nutrisi bayi dalam kandungan tetap terpenuhi dan juga menghindarkan Ibu dari kemungkinan diabetes gestasional saat hamil. Nah, tentunya tidak hanya gizi ibu hamil saja yang perlu diperhatikan, namun kondisi psikis saat kehamilan juga perlu dipantau. Perubahan suasana hati memang sering terjadi selama kehamilan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perubahan hormonal, kondisi tubuh yang mudah lelah, atau bisa juga karena stres.

Sebenarnya menangis selama kehamilan merupakan hal yang wajar, namun bagaimana jika seorang ibu hamil terlalu mudah dan sering menangis? Jika terjadi hal seperti itu, sebaiknya Anda periksakan ke dokter, karena terlalu sering menangis bisa menyebabkan hal-hal berikut ini. (sc: mommyasia.id)

Membuat Bayi Ikut Merasa Stres

Saat menangis berarti sang ibu memproduksi hormone stres kortisol dalam tubuh. Bukan hal yang tidak mungkin kalau hormon stres ini juga diterima bayi dan memengaruhi perkembangan emosinya. Akibatnya, bayi bisa ikut merasa stres. Jika bayi merasa stres, kemungkinan saat besar ia akan menjadi cengeng, murung, dan tidak percaya diri.

Menghambat Perkembangan Fisik Janin

Selain emosi, ternyata menangis terlalu sering saat hamil bisa menghambat perkembangan fisik sang bayi juga. Terlebih lagi jika menangis sudah termasuk dalam tahap depresi, berat badan bayi saat lahir kemungkinan akan rendah. Mengapa? Karena saat depresi, aliran darah ibu ke bayi tidak lancar, sehingga pertumbuhan janin bisa terhambat. Selain itu, depresi juga bisa membuat sang ibu tidak nafsu makan sehingga asupan yang seharusnya dipenuhi untuk perkembangan janin tidak bisa terpenuhi dengan baik.

Menghambat Suplai Oksigen 

Agar kondisi janin sehat tentu dibutuhkan pasokan oksigen yang cukup, namun jika ibu hamil merasa stres, pembuluh darah akan berikatan lebih kuat karena meningkatnya hormon noreipinephrine yang bisa menghambat sirkulasi oksigen ke janin.

Bayi Lahir Prematur

Terlalu sering menangis saat hamil juga bisa memengaruhi kondisi plasenta dalam kandungan. Saat merasa stres, plasenta akan mengeluarkan hormon yang berfungsi mengatur jangka waktu kehamilan, yaitu hormon pelepas kortikotropin. Jika produksi hormon ini banyak, maka jangka waktu kehamilan juga bisa semakin cepat sehingga menyebabkan kelahiran prematur.
Jadi, saat hamil sang ibu perlu juga menjaga kondisi psikisnya. Selain diperlukan manajemen stres yang baik dari diri sendiri, dukungan keluarga dan lingkungan sekitar juga sangat berarti lho! (Rima)

Begini Cara Mencuci Karpet Secara Manual!

Kamis, 30 November 2017
karpet bersih
image source: HireRush
Karpet merupakan sebuah alat yang digunakan untuk lapisan permukaan lantai yang terasa dingin di rumah. Biasanya, karpet yang memiliki tekstur super lembut ini, diletakkan di bagian bawah meja maupun disandingkan dengan sofa yang berada di ruang tamu maupun dimanfaatkan sebagai alas tambahan untuk karpet yang terbuat dari rumput sintetis, atau hanya dijadikan sebagai alas untuk menonton acara menarik di TV baik saluran Indonesia maupun Luar Negeri. Kendati demikian, namun sayangnya jika karpet yang sangat bermanfaat ini, sering diinjak dalam keadaan kaki yang tidak bersih tentu akan mengakibatkan karpet menjadi kotor dan menimbulkan banyak kuman penyakit.

Untuk itu, apabila karpet di rumah Anda sudah terlihat kotor, maka Anda bisa mencuci dan membersihkannya dengan beberapa cara ini. Mari, disimak ulasannya!
  • Sebelum mencuci bersih karpet, langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menggelar karpet di lantai, lalu bersihkan debu-debu maupun kotoran yang menempel di karpet menggunakan vacuum cleaner. Usahakan, vacuum cleaner yang Anda gunakan multifungsi, dimana dapat mengangkat debu yang tinggal di karpet ataupun dapat menghilangkan air yang dijadikan untuk mencuci atau membersihkan karpet.
  • Setelah debu menghilang dari karpet, selanjutnya Anda bisa langsung menggantungkan karpet di atas sebuah jemuran yang terbuat dari penyangga yang lumayan kuat. Atau Anda dapat pula membentangkannya di lantai depan teras rumah. 
  • Kemudian semprotkan air ke karpet yang tadi sudah digantungkan di jemuran ataupun dibentangkan di lantai. Pastikan Anda menggunakan semprotan air yang biasa digunakan untuk mencuci motor atau mobil. 
  • Lalu, Anda dapat menaburinya dengan detergen maupun sabun yang dijadikan sebagai alat untuk mencuci pakaian di rumah, dan kemudian sikat karpet secara perlahan. 
  • Apabila sudah diberi sabun atau detergen, maka setelah itu Anda bisa memberinya cairan pewangi atau pelembut pakaian. 
  • Jika karpet dianggap telah bersih dan wangi, Anda pun diperbolehkan menjemurkannya langsung di sebuah gantungan yang cukup kuat dan biarkan terkena angin yang berhembusan bukan sinar matahari langsung supaya permukaan karpet tidak keras. 
  • Dan, selanjutnya setelah karpet kering, Anda bisa memberi taburan baking soda yang berfungsi untuk menghilangkan sekaligus menyerap lembap pada karpet. Lalu, setelah itu Anda bisa langsung menyedotnya dengan vacuum cleaner. 

Bagaimana? Mudah sekali bukan mencuci maupun membersihkan karpet ini sendiri di rumah? –SH–

Mengintip Starbucks dengan Ruang Tatami Pertama di Dunia

Jumat, 24 November 2017
starbucks jepang
image source: asahi
Jika selama ini Starbucks selalu identik dengan kafe yang berada di pusat perbelanjaan, perkantoran, di gedung-gedung properti Indonesia, maka Starbucks yang satu ini justru sebaliknya. Gerai Starbucks ini sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan para turis dan juga masyarakat lokal di Jepang. Pasalnya, tidak seperti gerai kedai kopi pada umumnya, di mana kursi yang digunakan merupakan kursi kayu dengan meja bundar mungil, Starbucks ini memiliki ruangan khusus yang dilengkapi dengan tatami oleh para pengunjung. Hmm, kebayang dong bagaimana.

Gerai yang terletak di Nineizaka ini berada tak jauh dari kuil Kiyomizudera. Dari tampak luar, gerai ini terlihat seperti rumah tradisonal yang sangat klasik. Namun kain berwarna biru dengan logo Starbucks yang menutupi pintu masuk menjadi pertanda bahwa bangunan ini bukanlah bangunan biasa. Yup, Starbucks ini berada di rumah tradisional Jepang. Konon, rumah berukuran 270 meter persegi ini dibangun pada 100 tahun yang lalu. Dulunya, rumah ini merupakan rumah yang dihuni oleh para Geisha.

Bangunan kuno ini kemudian disulap menjadi gerai Starbucks dengan tiga ruang tatami dan dibuka untuk publik pada bulan Juni lalu. Di dalamnya juga terdapat kursi dan meja untuk tamu yang tidak ingin duduk di atas tatami. Psst, meskipun terkesan tradisional, Starbucks ini juga menyediakan layanan wifi gratis, kok. Jadi, para tamu bisa menikmati kopi mereka dengan santai sambil tetap terkoneksi dengan internet.

interior starbucks jepang
image source: PSFK
Untuk menikmati ruang tatami, pengunjung akan diantar ke lantai dua. Di sana, terdapat tiga ruang tatami, yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Pengunjung akan diminta untuk melepas sepatu dan duduk di atas bantal, sembari menikmati kopi mereka. Sensasi duduk di atas tatami, menikmati nuansa Jepang klasik, sambil meminum kopi tentunya akan membawa perasaan tak tergantikan.

Untuk kalian yang ingin berkunjung, Starbucks ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 8 malam. Mengingat tempatnya agak terbatas, maka tidak heran jika Starbucks ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Starbucks juga kerap memberlakukan pembatasan pengunjung pada peak hours untuk menjaga ketenangan suasana. Jika kalian tidak dapat tempat, sebaiknya habiskan waktu untuk berkeliling dulu karena Starbucks tidak memperbolehkan pengunjung untuk antri di depan toko atau berkerumun di sana.

Selamat mencoba!

Bungee Jumping Super Keren di Indonesia, Yuk Coba!

Kamis, 09 November 2017
bungee jumping
image source: WinNetNews
Sudah pernah mencoba bungee jumping yang kini sudah bisa kamu nikmati langsung di berbagai daerah di Indonesia? Bungee Jumping sendiri merupakan sebuah aktivitas ekstrem yang dilakukan di pusat wisata, dan saat ini makin populer di kalangan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Hanya saja, untuk bisa mencoba keekstreman dari bungee jumping ini, kamu diharuskan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan bisa kamu temukan langsung di ITX Indonesia.

Nah, untuk kamu yang ingin menguji adrenalin dengan cara menaiki bungee jumping ini, maka kamu bisa mendatangi beberapa pusat wisata ini. Yuk, silakan disimak pembahasannya!

  • Jembatan Rajamandala. Ada yang unik dari bungee jumping satu ini, dimana berlokasi di sebuah jembatan penghubung antara Cianjur dan Bandung Barat. Atau tepatnya berada di Desa Mandalawangi, Mandalasari, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Terletak di atas sebuah jembatan, tentu ini merupakan sebuah spot paling seru bilamana dijadikan sebagai tempat untuk menguji adrenalin. Maka dari itulah mengapa warga sekitar menjadikan tempat ini untuk bungee jumping. Tidak hanya itu, disini kamu pun bisa merasakan sensasi berjalan di jalan berkaca mirip dengan yang ada di Tiongkok.
  • Jembatan Duwet. Sama dengan jembatan Rajamandala, bungee jumping yang menjadi penghubung Kulon Progo dan Yogyakarta ini pun dibangun di sebuah jembatan, yakni Jembatan Duwet. Di tempat ini, ketinggian bungee jumping yang disuguhkan kepada para pengunjungnya adalah sekitar 60 meter, cukup untuk menguji adrenalinmu. Dan menariknya disini kamu juga bisa menikmati beberapa aktivitas seru selain bungee jumping. Seru banget deh pokoknya!
  • Jalan Arjuna. Di pulau Bali yang terkenal akan keindahan alamnya ini, sekarang ini sudah menyediakan destinasi wisata yang mampu menguji adrenalin para pengunjungnya. Yap, apalagi kalau bukan bungee jumping yang ada di kawasan Jalan Arjuna, Seminyak, Bali. Disini, kamu diajak terjun dengan ketinggian sekitar 45 km, yang mana kedua kaki diikat dengan sebuah tali khusus. Menariknya, di tempat ekstrem ini disediakan pula lift untuk menaiki Menara yang digunakan untuk bungee jumping
  • Desa Blansinga. Masih dari pulau Bali, kamu pun bisa menikmati rasanya bungee jumping yang terletak di Desa Blansinga, kota Bali. Menurut kabar, bungee jumping ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung baik itu di dalam maupun luar negeri. Selain bungee jumping, di tempat indah ini kamu pun bisa melihat indahnya air terjun yang menyuguhkan pesona kecantikannya. 

Gimana nih? kamu udah nyoba keempat bungee jumping di atas belum, guys? Bagi-bagi dong pengalamannya disini! –SH–

Kenali Istilah yang Terdapat dalam Asuransi

Jumat, 03 November 2017
asuransi
image source: Livemint
Sebelum memutuskan untuk membuat asuransi AXA Indonesia, penting bagi Anda untuk mengenali sejumlah istilah yang biasanya terdapat dalam asuransi. Mengapa? Yup, hal ini bertujuan supaya nantinya saat Anda membeli polis asuransi, maka akan semakin dipermudah. Selain itu, dengan mengetahui beberapa istilah dalam asuransi ini, dapat pula meminimalisir terjadinya kesalahan yang mungkin bisa saja terjadi di masa yang akan datang dan tidak menutup kemungkinan malah merugikan Anda.

Lalu, apa sajakah istilah yang terdapat di dalam asuransi ini? Simak langsung kategorinya disini;

  •  Agen. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah agen yang ada di produk asuransi? Yap, agen merupakan orang yang bekerja di perusahaan asuransi dan memiliki tugas untuk mencari sekaligus melayani semua nasabah asuransi. 
  • Aktuaris. Aktuaris merupakan orang yang sudah professional menjalani semua pelatihan yang diberikan oleh pihak asuransi, dan sudah mengetahui semua hal tentang asuransi sehingga mudah dijelaskan kepada nasabahnya.
  • Klaim asuransi. Untuk klaim asuransi sendiri adalah sebuah permintaan resmi yang dilakukan kepada pihak asuransi, dimana nasabah meminta kompensasi pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. 
  • Polis asuransi. Sedangkan, polis asuransi ialah sebuah perjanjian tertulis yang mengikat antara pemegang polis asuransi maupun perusahaan asuransi. 
  • Premi asuransi. Berbeda dengan polis, premi asuransi yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah dengan kisaran waktu bergantung pada jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk besarnya pembayaran yang dibayarkan untuk premi ini sesuai dengan kebijakan yang disetujui antara pihak asuransi dan nasabah.
  • Risiko asuransi. Nah, di dalam produk asuransi pun terdapat risiko asuransi. Yang mana, risiko ini diartikan sebagai kerugian yang ditanggung oleh nasabah asuransi sekaligus benda yang diasuransikannya. 
  • Penanggung asuransi. Terdapat pula penanggung asuransi, dimana penanggung asuransi ini nantinya yang akan membayarkan uang untuk premi ataupun polis asuransi. 
  • Tertanggung asuransi. Tertanggung asuransi adalah nama orang yang dicantumkan di dalam asuransi, yang di kemudian hari akan menerima sejumlah manfaat yang diberikan langsung oleh perusahaan asuransi.

Itu beberapa istilah yang biasanya ada di dalam produk asuransi. Semoga bermanfaat! –SH–
 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger