Order Taxi di Negara Sakura, Jepang

order taxi merupakan hal biasa di Indonesia. Bisa dibilang persentase penggunaan taksi di Indonesia cukup tinggi terutama di ibu kota Indonesia, Jakarta. Minat masyarakat Indonesia yang tinggi akan layanan taksi telah membuat bisnis layananan taksi semakin berkembang. Ini bisa terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan layanan taksi di Jakarta dan semakin banyak mal – mal yang bekerja sama dengan taksi.

berlibur ke Jepang
Hal yang cukup berbeda dengan order taxidi Jepang. Bagi kebanyakan penduduk Jepang, taksi merupakan alat transport yang mahal dan kurang dibutuhkan. Hal ini disebabkan  sudah rapi dan banyaknya transportasi umum seperti bis dan kereta. Order taxi anya dilakukan oleh para calon penumpang bila bus dan kereta berhenti karena jam operasinya sudah selesai. Peningkatkan permintaan taksi ini biasanya dimulai sekitar tengah malam terutama untuk hari Jumat dan Sabtu malam. Jadi tidak heran bila melihat antrian panjang di stasiun kereta pas jam segitu.

Untuk kota- kota kecil di Jepang seperti Osaka yang masih kurang transportasi umumnya, menggunakan taksi merupakan aternatif yang bisa dipilih. Untuk perjalanan dengan group 3 – 4 orang, menggunakan taksi menjadi murah terutama untuk jarak yang dekat.

Gimana Cara Order Taxi di Jepang

Ada 2 cara yang bisa digunakan
    order taxi jepang
  • Untuk order taxi langsung, calon penumpang bisa menelepon ke pul taksi. Bila tinggal di hotel, calon penumpang bisa langsung meminta bantuan resepsionis hotel untuk memesannkannya. Untuk kota – kota besar, pesan taksi tidak dikenakan biaya tambahan namun untuk beberapa kota kecil memang menerapkan biaya tambahan bila pesan taksi.
  • Hentikan taksi atau naik taksi dari stasiun penunggunan taksi (biasanya di depan stasiun kereta). Perlu diingat bahwa pada jam tengah malam pas hari jumat dan sabtu, antriannya bisa sangat panjang.
Plat pada bagian kiri bawah kaca depan mobil bisa digunakan sebagai penanda apakah taksi sudah memiliki penumpang atau tidak. Warna merah berarti kosong dan hijau berarti sudah ada penumpang.
Pada malam hari, lampu di atas atap mobil taksi juga bisa digunakan sebagai penanda apakah taksi kosong atau tidak.

Nasehat Untuk Penumpang Taksi

Ada beberapa nasehat sederhana yang harus diketahui olah para turis yang akan berlibur ke Jepang:
  • Perlu diingat bahwa pintu sebelah kiri taksi (pintu penumpang sebela kiri) dibuka dan ditutup oleh supir dengan menggunakan tombol yang ada di dekatnya. Calon penumpang seharusnya tidak boleh membuka dan menutup pintu secara manual sendiri.
  • Jangan pernah membeli tips kepada supir taksi (peraturan yang tidak ada di sistem taksi Indonesia).
  • Jika tidak bisa berbahasa Jepang atau tempat tujuan bukan daerah terkenal, disarankan penumpang telah menuliskan alamat lengkap tujuan di sebuah kertas yang bisa ditunjukan kepada supir taksi. Cara lain yang lebih baik adalah langsung menunjuk lokasi tujuan pada peta.

Order Taxi Turis

  • Beberapa daerah yang memiliki lokasi turis yang terkenal memiliki taksi dimana supirnya merangkap menjadi tour guide tentu saja harganya lebih mahal. Takut pada kendala bahasa? Jangan khawatir karena beberapa supir taksi sudah menguasai bahasa asing seperti bahasa inggris. Biasanya taksi ini disebut taxi turis.
Jangan lupa pada saat turun periksa lagi barang bawaan agar tidak ada yang ketinggalan. Semoga artikel order taxi di negara sakura ini dapat membantu para travel atau turis yang ingin berlibur ke Jepang. -hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger