Jangan Buru-buru Beli Rumah di Pameran

Pameran properti yang setiap tahun diadakan di Indonesia tentunya menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia, baik yang ingin mencari rumah untuk hunian atau untuk dijadikan investasi. Pada saat properti pameran ini, kita bisa menemukan banyak developer property Indonesia yang menawarkan propertinya, baik apartemen maupun rumah. Tidak jarang mereka juga menawarkan promo atau program berhadiah untuk transaksi yang dilakukan pada saat pameran berlangsung. Siapa yang tidak tertarik, kan?

Meski banyak promo menarik yang ditawarkan namun, ada baiknya untuk tidak terburu-buru dalam melakukan pembelian ruman dan apartemen di pameran propeti ini. Ada beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya, di antaranya:

Cek Lokasi
lokasi
Lokasi merupakan faktor yang penting dalam pemillihan properti. Jangan langsung percaya dengan kata-kata dari developer yang mengatakan bahwa lokasi perumahan berada dekat dengan akses jalan. Akan lebih baik lagi bila kita mengunjungi lokasi secara langsung. Dengan mengunjungi secara langsung, kita bisa mengetahui kondisi jalanan apakah macet atau tidak, jalanan mulus atau rusak. Kadang, harga yang ditawarkan memang murah namun akses jalan ternyata jauh dari kantor kita atau sekolah anak.

Membandingkan kondisi rumah
kondisi rumah
Saat mengecek lokasi secaral langsung kita juga bisa membandingkan kondisi rumah asli dengan yang ada di brosur atau contoh unit di pameran. Bila kondisi rumah yang ada di lokasi ternyata berbeda dengan brosur maka sebaiknya cari developer properti lainnya, karena artinya pengembang tersebut tidak dapat dipercaya.

Membandingkan harga
memilih rumah dari harga
Salah satu hal yang menarik pengunjung untuk membeli rumah di pameran adalah penawaran khusus berupa diskon untuk pembelian yang dilakukan semala di pameran. Padahal, kadang ada juga  developer yang ternyata tetap memberlakukan harga yang sama meski sudah tidak dilakukan pameran. 

Developer terpercaya
terpercaya
Memilih developer pun tidak boleh sembarangan. Pilihlah developer atau pengembang properti yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Kita bisa mengetahuinya dengan melihat proyek-proyek yang sudah dilakukan sebelumnya. Selain itu, pengembang yang perusahaan sudah tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pun biasanya akan lebih terjamin. Developer properti yang memiliki afiliasi dengan developer yang merupakan perusahaan terbuka juga biasanya aman dan terjamin.

Sebaiknya, pameran perumahan yang berlangsung dijadikan sebagai ajang untuk membandingkan penawaran properti antara satu developer dengan developer lainnya. Dengan tidak tergesa-gesa dalam membeli properti di pameran, kita bisa menghindari hal-hal merugikan yang tidak diinginkan di kemudian hari. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger