3 Kuliner Legendaris Jakarta Yang Masih Ramai Oleh Anak Muda

Ibukota DKI Jakarta memang selalu menawarkan suasana yang renyah, tak terkecuali aneka kuliner kawasan DKI Jakarta yang hadir disetiap sudut kota. Ya, setiap kota pasti memiliki beberapa macam makanan khas yang melegenda. Selain karena rasa, juga cara penyajian yang menjadi pembedanya. Itulah mungkin yang menjadi rahasia dibalik bertahannya beberapa kuliner legendaris di Jakarta. 

Jika kini, sudah banyak kafe modern, hingga tempat nongkrong ala-ala food-truck yang tersebar di beberapa titik di kota Jakarta, ternyata ada juga beberapa tempat makan yang sudah mulai buka sejak puluhan tahun lalu, dan masih ramai oleh pengunjung hingga saat ini. Bahkan para anak muda pun turut menikmatinya lho. Lalu apa saja ya, kuliner legendaris Jakarta tersebut? 

Martabak Pecenongan


Jika sekarang ada martabak premium dengan berbagai topping, ternyata martabak pecenongan sudah memulainya sejak tahun 1988. Setidaknya ada 3 jenis martabak yang ditawarkan. Yaitu, martabak manis, martabak tipis dan martabak telur. 

Martabak Pecenongan
Sumber Gambar: TripAdvisor

Masalah rasa, tentu tak perlu ditanya. Inovasi pun terus dilakukan seiring tingginya minat konsumen. Sebagai salah satu jenis martabak yang legendaris, harganya memang tak biasa. Untuk satu Loyang martabak istimewa, misalnya, Anda harus merogoh kocek hingga seratus ribuan rupiah. Tapi, tentu saja, rasa yang diberikan pun sebanding.

Gultik Alias Gulai Tikungan Blok M


Gulai identik dengan makanan khas solo. Tapi di Jakarta ada sederet pedagang gulai, yang mangkal di tikungan Blok M. Mulai ramai dan menjadi tempat nongkrong anak muda sejak tahun 1990 an. Gultik masih tetap ramai di malam hari hingga kini. 

Gulai Tikungan Blok M
Sumber Gambar: Detik Food


Selain rasanya yang gurih, khas gulai, harga seporsi Gulai plus nasinya pun cukup murah. Sekali mencicipi, satu piring tak akan pernah cukup. Jadi, siapkan perut jika ingin mencoba Gultik Blok M ya. 

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Sumber Gambar : Federal Oil

Salah satu kuliner DKI Jakarta yang melegenda adalah nasi goreng kambing Kebon sirih. Tak hanya masalah rasanya, tapi cara penyajiannya juga istimewa. Dalam sekali masak, sang koki dapat membuat 50 porsi nasi goreng sekaligus. Dengan potongan daging kambing yang besar-besar, irisan acar timun, dan kerupuk, Anda dapat menikmati sepiring nasi goring kambing yang gurih dan sedikit pedas. 

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger