Membersihkan Furnitur dari Noda

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, besar kemungkinannya bahwa rumah Anda akan dihiasi dengan banyak noda. Tidak hanya di interiornya saja tetapi juga hingga merambah ke bagian furniturnya. Maka, tidak heran jika Anda menemukan jejak kaki di atas karpet bulu, noda minyak pada meja ruang tamu, atau bahkan noda cat air di kursi. Kesal? Mungkin. Akan tetapi, hal ini tidak bisa menjadi alasan bagi Anda untuk memarahi si kecil, bukan?

Nah, sebenarnya ada cara mudah untuk membersihkan si noda ini agar tidak lagi menghiasi furnitur Anda. Gimana caranya?  Salah satunya adalah dengan menggunakan pembersih yang bisa dibuat dari bahan sehari-hari. Ini dia daftarnya:
membersihkan furnitur
  • Jika furnitur di rumah terkena noda yang berbahan dasar air, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan air soda atau air sabun. Misalnya, si kecil sedang asyik bermain dengan cat air. Lalu, tanpa sengaja cat air ini tumpah di atas sofa Anda yang berbahan kulit. Jangan langsung panik dan melakukan sesuatu yang nantinya Anda sesali. Cukup buat larutan dari air dan sabun, lalu lap permukaan yang terkena noda dengan perlahan.
  • Jika si kecil sedang memakan kudapannya lalu memeperkan tangannya yang berminyak di berbagai tempat, mungkin mengelapnya dengan air saja tidak bisa menyelesaikan masalah. Anda perlu menggunakan pengemulsi noda agar bekas minyak itu bisa hilang. Bagaimana caranya? Gunakan cairan pencuci piring. Di dalam cairan pencuci piring terdapat pengumulsi noda atau surfaktan yang bisa mengangkat minyak dari permukaan furnitur.
  • Cokelat mungkin merupakan camilan yang sangat disukai anak namun di sisi lain susah dibersihkan kalau menempel di baju, di karpet, atau di sarung bantal. Mencucinya berulangkali mungkin bisa menjadi pilihan, namun tak menjamin kalau noda itu bisa menghilang seutuhnya. Anda bisa memanfaatkan klorin untuk menguraikan noda cokelat, lho. Klorin bisa ditemukan dalam pembersih kamar mandi atau zat pembersih lainnya. Zat ini bisa memecah protein dan juga lemak, sehingga efektif untuk menghilangkan cokelat.
  • Untuk menghilangkan noda-noda bekas makanan, kopi, teh, atau krayon, Anda bisa memafaatkan cairan pemutih (bleach) untuk mengangkat nodanya. Jika tidak memiliki pemutih, cuka atau baking soda juga bisa dipakai.
Nah, semoga tips di atas bisa membantu, ya. Selamat mencoba!

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger