Kenapa Harus Menggunakan Cloud Storage?

cloud storage
Setiap orang pasti membutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan data mereka, baik itu adalah data pribadi ataukah data yang ingin mereka bagikan pada orang lain. Untuk Anda yang bekerja di bagian IT, mungkin menyimpan data di cloud Indonesia adalah hal yang umum dilakukan. Namun hal ini mungkin adalah hal jarang dilakukan oleh masyarakat umum. Bahkan, meskipun mereka menggunakan smartphone yang menyediakan fasilitas cloud storage sekalipun, tetap saja ada beberapa orang yang cenderung malas atau tidak tertarik untuk menggunakannya. Biasanya, mereka cenderung memilih untuk menyimpan data berharga mereka di harddisk, flash disk, memory card, atau sejenisnya.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa mereka belum berminat menggunakan fasilitas cloud ini. Kurangpahamnya mereka dengan keuntunggan penggunaan cloud storage merupakan salah satu alasan utama mereka. Yap, memang masih banyak sekali orang yang kurang paham keuntunga dari fasilitas ini, dan menganggap bahwa menyimpan di berbagai media penyimpanan jauh lebih menguntungkan. Apa sajakah itu? Berikut ini diantaranya.

Bebas diakses

Anda tidak perlu repot-repot membawa media penyimpanan apapun ketika ingin pergi kesuatu tempat. Asalkan di lokasi tempat tujuan Anda memiliki jaringan internet yang cukup baik maka data yang Anda simpan di cloud dapat diakses. Sangat praktis kan? Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir lupa membawa flashdisk atau CD tempat menyimpan data saat akan rapat atau melakukan kegiatan sejenisnya.

Tidak berbatas waktu

Tahukah Anda bahwa hampir semua media penyimpanan yang berbentuk fisik itu memiliki batas waktu? Terkadang, beberapa jenis media penyimpanan itu akan mengalami masalah kerusakan setelah beberapa tahun lamanya. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda menyimpannya di cloud.

Biaya yang lebih murah

Jika Anda terbiasa menyimpan semua data di dalam Harddisk atau flash disk, pasti akan ada waktunya dimana media pnyimpanan Anda penuh bukan? Jika sudah begini, Anda harus kembali membeli media penyimpanan yang baru. Artinya, Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya. Belum lagi, Anda akan diribetkan dengan tempat untuk menyimpan semua media penyimpanan milik Anda tersebut. Jika Anda menggunakan cloud, akan mudah bagi Anda melakukan upgrade untuk menambah kapasitas data yang bisa Anda simpan. Belum lagi, paket yang ditawarkan oleh provider cloud saat ini semakin lama semakin terjangkau. (Vita)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger