Mencegah Karat Pada Mobil

mobil berkarat
Akhirnya, setelah menabung sekian lama bisa juga beli Mitsubishi Strada Triton yang sudah menjadi incaran. Nah, setelah susah payah menabung, pastinya kamu gak mau dong mobil kesayanganmu ini mengalami masalah pada tampilannya. Misalnya saja seperti modifikasi tampilan yang kurang sempurna dan tidak sesuai dengan keinginan, baret, atau salah satu hal yang sangat mengganggu yaitu, munculnya karat.

Body mobil yang terbuat dari sejenis besi memanglah sangat rentan terkena masalah karat. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Padahal, masalah besi yang berkarat ini bukanlah masalah yang dianggap ringan. Sebab, tidak hanya mempengaruhi tampilan saja, karat juga dapat berdampak pada besi yang menjadi mudah keropos. Oleh karena itulah, sebisa mungkin rawat mobil agar terhindar dari karat, dengan cara berikut ini:

Cuci kendaraan secara berkala

Kotoran yang menempel pada mobil dapat menjadi salah satu penyebab munculnya karat. Sebab itulah, penting bagi kamu untuk mencuci mobil secara berkala. Misalnya, setidaknya kamu mencuci mobil satu minggu sekali. Kamu bisa mencucinya sendiri di rumah jika tidak ingin pergi kemana-mana. Akan tetapi, akan lebih baik jika dalam satu bulan kamu membawa mobil kesayanganmu ini ke tempat pencucian mobil yang dilengkapi dengan hidrolik. Sebab, jika kamu mencuci sendiri hanya body mobil saja yang akan kamu bersihkan. Sementara, dengan hidrolik mesin mobil kamu juga akan dibersihkan.

Cuci kendaraan setelah dari area pantai

Jika kamu baru saja pergi ke daerah pantai atau sekitarnya, maka sebaiknya kamu mencuci mobilmu saat sudah pulang ke rumah. Apalagi, jika misalnya mobilmu terkena cipratan air yang berasal dari laut, yang mengandung kadar garam cukup tinggi. Air dan udara pantai ini sangat beresiko mempercepat proses korosi atau karat, sehingga harus segera diatasi dengan cara di bersihkan.

Simpan kendaraan ditempat yang memiliki sirkulasi udara

Banyak orang yang saking sayangnya dengan mobil, menyimpan mobilnya di dalam garasi yang tertutup rapat. Nah, jika kamu salah satunya, kamu patut waspada nih. Sebab, udara lembab juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya karat, dan biasanya ruangan yang benar-benar tertutup memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika kamu menyimpan atau memarkirkan mobilmu di garasi yang terbuka (tetap memiliki atap ya) atau setidaknya garasi tertutup yang memiliki sirkulasi baik.

Segera perbaiki jika terdapat goresan

Saat berkendara, tidak menutup kemungkinan mobil kesayanganmu terkena goresan, meskipun kamu sudah berkendara dengan berhati-hati. Saat ada goresan, akan lebih baik jika kamu segera mengatasinya. Sebab, jika goresan yang cukup parah hingga menyebabkan cat mengelupas ini dibiarkan terlalu lama, maka bisa menyebabkan munculnya karat.

Beberapa cara di atas mungkin tidak benar-benar mencegah munculnya karat untuk selamanya, karena proses korosi ini merupakan hal alami yang pasti akan terjadi. Akan tetapi, setidaknya hal ini dapat memperlambat terjadinya proses korosi. (Vita)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger