Membeli Motor Bekas? Kenapa Tidak

Banyak orang yang merasa takut mengajukan cicilan sepeda motor bekas karena ragu dengan kualitas motor bekas. Apalagi, saat ini banyak motor baru yang menawarkan promo DP murah. Akibatnya, semakin banyak orang yang lebih tertarik untuk mengajukan kredit pembelian motor baru. Yap, secara sepintas memang membeli motor baru lebih menguntungkan. Bagaimana tidak? Kamu hanya perlu membayar uang dengan nilai kurang dari 1juta rupiah, dan sudah bisa memiliki motor baru (jika pengajuan kredit diterima). Akan tetapi, bagaimana dengan nilai cicilan berikutnya?
motor bekas

Nah, inilah yang sering luput dari perhatian mereka. Hanya berpikir bahwa mereka mampu membayar DP, maka langsung mengajukan pinjaman. Padahal, DP itu hanyalah sebuah langkah awal, selanjutnya semakin tinggi harga motor artinya semakin tinggi juga beban cicilan yang harus kita bayarkan nantinya. Biasanya, orang akan mengakalinya dengan memperpanjang periode pinjaman, jadi nilai cicilannya akan semakin ringan. Akan tetapi, melakukan ini akan meningkatkan otal harga motor. Inilah salah satu alasan, mengapa untuk orang yang memiliki dana terbatas akan lebih baik jika mengajukan kredit pembelian motor bekas.

Memang, beberapa perusahaan leasing menerapkan DP yang lebih tinggi untuk pembelian motor bekas, hanya saja cicilan selanjutnya akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan motor baru. Hal ini disebabkan, harga beli motor bekas yang lebih murah daripada motor baru. Sehingga secara otomatis akan mempengaruhi nilai pokok pinjaman yang kita ajukan. Jadi, tidak akan terlalu memberatkan.

Masalah kualitas? Kalau ini, jelaslah motor baru memiliki kualitas yang lebih baik daripada motor bekas. Motor baru belum pernah mengalami kecelakaan, atau kerusakan apapun karena baru saja lolos dari quality control. Akan tetapi, bukan berarti semua motor bekas itu pasti kualitasnya tidak bagus. Asalkan kita bisa memilih yang tepat, bisa jadi kualitasnya masih tidak terlalu jauh dengan motor yang masih baru. Misalnya, motor yang tahunnya belum terlalu tua, dan pemiliknya selalu melakukan perawatan secara rutin.

Keuntungan lainnya dengan membeli motor bekas yaitu, harga jual kembali yang tidak akan jatuh terlalu jauh dari saat kita membelinya. Bahkan, jika kita bisa menyulap motor agar terlihat menarik maka bisa jadi harganya akan lebih tinggi daripada harga beli. Tidak merugikan, bukan? Jadi, apa masih raagu membeli motor bekas? (Vita)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger