Pemanas Air Awet Untuk Waktu yang Lama

Mesin pemanas air seperti namanya memiliki fungsi memanaskan air agar bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. Tentu saja air dari mesin pemanas air sangat disarankan untuk tidak diminum. Mesin water heater ini hanya memanaskan air yang digunakan untuk keperluan luar. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak water heater yang bermunculan. Berdasarkan sumber tenaganya, water heater terbagi menjadi water heater tenaga gas, listrik, matahari dan kombinasi.

Menjaga agar Mesin Pemanas Air Awet

Air untuk Water Heater

Gunakan air yang memang memenuhi standar. Jangan menggunakan air merah, mengandung tanah, berminyak, berdemu dan berkapur. Partikel-partikel kecil yang ada di dalam air yang tidak sesuai standar bisa menyebabkan aliran air pada mesin water heater tersumbat dan munculnya endapan kotoran. Tersumbatnya aliaran air akan berakibat mesin rusak.

Sangat disarankan sebelum air masuk ke dalam mesin water heater, air sudah difilter terlebih dahulu. Gampangnya kran air di lengkapi dengan filter sehingga aliran yang masuk ke mesin memang sudah bersih. Untuk lebih jelasnya lagi, tanyakan kepada agen penjualan mengenai air yang cocok digunakan untuk jenis water heater yang dibeli.

Perawatan Water Heater Berkala

Pemanas AirAgar mesin pemanas air awet untuk waktuyang lama, perlu adanya perawatan berkala alias teratur. Setahun sekali, water heater perlu dibersihkan terutama pada bagian tangki penampungnya. Bila belum tahu cara membersihkannya, mintalah bantuan tenaga ahli. Setiap jenis water heater memiliki cara perawatan yang agak berbeda jadi belajar dulu dari ahlinya.

Tanki Pemanas Air

Tangki dari water heater merupakan tempat ternjadinya pengedapan kotoran jadi setidaknya setahun sekali kuras semua airnya. Lalu bersihkan bagian – bagian ke dalam tangki untuk memastikan tidak lagi ada edapan atau kotoran yang tertinggal. Tangki yang berisikan banyak endapan kotoran dapat membuat air berbau.

Magnesium Anode

Agar tidak mudah berkarat, ganti Magnesium Anode  2 tahun sekali. Bila dalam setahun magnesium anode pada mesin water heater habis, tidak  apa-apa langsung mengantinya. Soalnya magnesium anode sangat penting dalam proses pencegahan karat. Bila pengantian magnesium anode telat, tangki akan berkarat dan mudah terjadi kebocoran.

Periksa Safety Valve

Bila air kurang panas atau memerlukan waktu lama untuk panas, mungkin Safety Valvenya rusak. Safty valve berfungsi menjaga tekanan pada tangki. Alat ini dapat menjaga agar suhu di dalam tangki tetap stabil. Agar tidak adanya penyumbatan, sangat disarankan menaikan tuas safety valve secara berkala agar air dapat keluar.


Semoga artikel informasi ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger