Selendang, Aksesoris Wanita


Salah satu aksesoris wanita lain yang mirip  dengan pashmina adalah selendang. Kadang –kadang ada saja, orang yang salah menyebut seledang dengan pashiman atau sebaliknya.  Bentuk aksesoris wanita seledang dan pashmina memang mirip yaitu persegi panjang, namun ukuran, corak dan bahan seledang berbeda dengan pashmina.

Selendang dikenal di dunia internasional dengan kata “Shawl” yang memiliki arti yang sama dengan kata indonesianya, selendang. Seledang merupakan kain yang dikenakan secara longgar atau di selempangkan di bahu atau lengang. Kebanyakan seledang berbentuk persegi panjang dengan coraknya yang beragam terutama bahan yang digunakan.

Selendang yang terkenal adalah selendang Kashmir. Kashmir merupakan bagian dari Negara India yang terletak di bagian ujung utara India. Kashmir memang sudah lama dikenal sebagai tempat dengan udaranya yang super dingin dan kaya akan karya tangan dalam bidang tekstil. Selain selendang, karya tekstil Kashmir adalah pashmina.

Berbeda dengan pashmina yang dibuat dengan bulu kambing pashima, seledang dapat dibuat dengan bahan dasar yang berbeda-beda seperti
-          Rambut hewan mamalia terutama Ibex liar
-          Kain katun
-          Wol domba atau kambing jenis apa aja
-          Sutra
-          Satin
Selain bahan diatas, masih banyak bahan yang bisa digunakan karena pembuatan seledang tidak terbatas pada sebuah bahan saja.

Selain bahan, corak yang diberikanpun beragam. Kebanyakan seledang menggunakan perpaduan warna baik itu dalam penenunannya atau saat menambahkan hiasan. Kebanyak hiasan digambar langsung pada kain agar hiasan bisa bertahan lama.

Sekarang sudah tahukan apa itu aksesoris wanita bernama seledang. Nantikan artikel berikutnya –hm-

2 komentar :

izal ajah mengatakan...

http://peguinhitamputih.wordpress.com blog ini, pemiliknya sama atau ngga sama yg ini?
coz postingn'a sama. Buat konfirmasi COPAS atau nggak-nya.

desperateforest mengatakan...

pemiliknya sama :D

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger