Siapakah Hasri Ainun Habibie?

Setelah menonton film Habibie & Ainun, pastinya bertanya-tanya siapa Ibu Ainun itu? Yang berhasil memikat hati seorang cendikiawan Habibie. Jika bertanya siapakah, Hasri Ainun Besari? Jawabanya pasti istri Presiden ke-3 Indonesia. Tapi siapa beliau sebelumnya sebelum menjadi seorang istri dari Presiden ke-3 Indonesia?

Biografi Singkat Hasri Ainun Habibie

ainun habibie
Nama lengkap dari ibu Ainun adalah dr. Hj. Hasri Ainun Besari. Namun lebih banyak orang mengenalnya dengan nama Hasri Ainun Habibie atau Ibu Ainun setelah beliau menikah dengan Pak Habibie.Beliau adalah anak ke-4 dari pasangan R. Mohamad Besari dan Sadarmi. Beliau memiliki 3 kakak dan 4 adik. Orang tuanya memberikan nama Hasri Ainun, dalam bahasa Ara berarti “Anda yang Memiliki Mata yang Indah” pada beliau sejak kelahiran pada tanggal 11 Agustus 1937 di Semarang, Jawa Tengah.

Keluarga Ibu Ainun adalah keluarga berpendidikan sehingga tidak ada larangan bagi anak cewek untuk menuntut ilmu. Dan Ibunya merupakan salah satu orang yang paling mendorong Ibu Ainun untuk menuntut ilmu. Dan support ibunya dan keluarga membuat Ibu Ainun berhasil mendapatkan gelar dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1961.

Setelah mendapatkan gelar dokter, Ibu Ainun bekerja di RSCM Jakarta. Untuk mempermudah pekerjaannya, beliau tinggal di asrama yang terletak di belakang RSCM. Namun beliau hanya sempat bekerja salam 1 tahun di rumah sakit tersebut. Kok bisa? Setelah menikah dengan Pak Habibie pada tanggal 12 Mei 1962, Ibu Ainun melakukan tugasnya sebagai istri yaitu menemanin suaminya ke Jerman untuk menyelesaikan pendidkannya.

Pertemuan Pertama Kalinya dengan Pak Habibie

Ibu Ainun dan Pak Habibie adalah teman SMP. Namun mereka mulai kenal dekat ketika mereka berdua duduk di bangku SMA. Ke-2nya bersekolah di SMA Kristen yang terletak di jalan Dago, Bandung. Komunikasi ke-2 terputus ketika pak Habibie dikirim orang tuanya untuk belajar di Jerman, sedangkan Ibu Ainun tetap di Indonesia dan meneruskan kuliah di Universitas Indonesia (UI).

Pertemuan Kembali dengan Pak Habibie

Pertemuan ke-2 kalinya antara dua insan ini terjadi di Bandung. Pada saat itu, Pak Habibie berkesempatan untuk pulang ke Indonesia. Saat berada di Bandung, Pak Habibie mengunjungi rumah Ainun. Dan pas saat itu, Ibu Ainun kebetulan sedang cuti dan ada di Bandung. Pertemuan ke-2 mereka merupakan pertemuan yang membuat hubungan mereka semakin dekat sehingga Pak Habibie memutuskan untuk meminang ibu Ainun dan memboyongnya ke Jerman.


Inilah biografi singkat Ibu Ainun. Masih penasaran? Tunggu Film Habibie & Ainun ke-2 yang akan mengisahkan kehidupan Pak Habibie dan Ibu Ainun ketika muda. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger