Berbagai Macam Jenis Crane

Ketika kita melewati lokasi yang terdapat pembangunan gedung bertingkat, kita pasti akan melihat keberadaan crane. Crane memang merupakan salah satu alat berat yang pasti akan selalu dibutuhkan dalam pembangunan gedung-gedung bertingkat, sementara pembangunan gedung bertingkat selalu ada setiap waktunya. Karena itulah perusahaan yang Jual Alat Berat tidak pernah kehabisan permintaan alat berat ini. Terutama, di kota besar seperti Jakarta yang dipenuhi oleh pembangunan gedung bertingkat untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun banyak orang yang mengetahui crane merupakan alat untuk membangun gedung bertingkat, namun sebenarnya crane memiliki banyak jenis dan dapat digunakan untuk berbagai hal lainnya. Bentuk crane akan berbeda menyesuaikan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa jenis crane yang umum kita lihat:

Tower Crane

tower crane
Crane jenis ini merupakan crane yang paling umum kita lihat saat pembangunan gedung bertingkat. Selain digunakan dalam pembangunan gedung bertingkat, crane ini juga sering digunakan untuk pembangunan jembatan. Tower crane sangat berperan penting dalam hal akses bahan dan material dalam suatu proyek. Tower crane ini merupakan jenis fixed crane, atau tidak dapat dipindah-pindahkan dengan mudah. Jika pembangunan akan dimulai, maka crane akan dibawa ke lokasi dengan mobil khusus, kemudian dirakit hingga siap pakai. Setelah proses pembangunan selesai, maka crane akan dibongkar untuk dibawa kembali. Dalam penggunaan Tower crane harus disesuaikan dengan kebutuhan seperti berapa tinggi gedung yang akan dibangun dan hal lainnnya.

Overhead Crane

Overhead crane ini sering juga disebut sebagai crane jembatan, karena bentuknya yang memang mirip dengan jembatan. Crane ini memiliki roda-roda yang melintas pada lintasan rel di atas lantai. Crane ini mampu mengangkat beban hingga puluhan ton, tergantung pada kapasitas crane. Umumnya, crane jenis ini digunakan untuk keperluan pabrik industri dan sejenisnya.

Pedestal Crane

Pedestal crane digunakan untuk mengangkat barang yang bertumpu pada tonggak panjang. Tonggak ini bertumpu pada struktur rigid sebuah lantai kerja, dan dapat melakukan swing, fix, lattice, hydraullic, dan hoisting system.

Container Crane

Container crane merupakan crane yang sering digunakan untuk memindahkan container dari kapal di pelabuhan. Container Crane dilengkapi material handling tools yang disebut Spreader. (

Mobile Crane

Umumnya dipakai di darat, sesuai dengan namanya crane ini dapat berpindah tempat dengan menggunakan roda yang dimilikinya.

Truck Crane


Mirip dengan mobile crane, hanya saja kendaraan yang dipergunakan adalah jenis truck dan crane didudukan pada kerangka yang diinstall pada chasis truck (YV)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger