Jadilah Pengendara Mobil yang Baik

nyetir mobil
Berita mengenai kecelakan selalu menghiasi tv dan koran tanpa henti. Pada tanggal 20 Januari 2015, sebuah kecelakan terjadi lagi di jalur arteri Pondok Indah. Mobil Mitsubshi Outlander Sport B 1658 PJE yang digunakan adalah mobil sewa. Dan penyewanya memaksa untuk mengemudi sendiri walaupun sudah tidak diizinkan oleh pengemudi. Saat penyewa mendapatkan kendali penuh atas mobil sewaannya, dia langsung tancap gas dan kecelakaan demi kecelakaan pun tidak terelakan. Dari kecelakaan ini, 4 tewas meninggalkan keluarga dengan duka yang dalam.

Kecelakaan di jalan raya terjadi karena 2 hal, yaitu: mesin mobil dan manusia selaku pengendaranya. Untuk mesin, kita bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan berkala, untuk memastikan bahwa mesin mobil tetap berfungsi dengan baik. Namun gimana meminimalisir pengendara mobil yang sembrono?

Tips menjadi Pengendara Mobil yang Baik

Jangan Ngebut

Baru bisa mulai mengendarai mobil? jangan coba-coba ngebut deh, tahu diri aja soalnya bukan hanya nyawa kita yang menjadi taruhannya, tetapi nyawa orang lain. Jangan sampai kita menjadi pembunuh dikarenakan kita mengikuti ego dan keinginan untuk ngebut. Dalam mengendarikan mobil, tidak perlu tergesa-gesar. Tenang, toh nanti juga akan sampai.

Atur Mobil

  • Pada saat naik mobil, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur kursi agar kita nyaman selama berkendaraan. Dan jangan lupa menggunakan seatbelt.
  • Pastikan semua barang, tersimpan rapi untuk memastikan tidak ada yang menggangu konsentrasi selama berkendaraan.
  • Atur kaca spion dengan menyesuaikan arah padangan kita untuk memudahkan kita dalam mengecek mobil yang ada dibelakang atau yang tiba-tiba muncul.

Jangan Menggunakan HP selama Berkendaraan

Pada saat mengendarai mobil, pastikan fokus. HP biasanya menggangu konsentrasi terutama ketika ada sms, line, whatsapp atau telp masuk. Untuk telp, bisa disiasati dengan headset kabel atau Bluetooth. Jadi info keluarga atau teman, jika ada hal penting bisa langsung telp saja. Ingat, jangan main hp tapi fokus.

Perhatikan Kondisi Jalan

Dalam mengendarai mobil, pastikan kita memperhatikan kendaraan lain dan kondisi jalan. Jangan menyalip jika tidak bisa. Perhitungkan dulu ruang yang dibutuhkan untuk menyalip dan pastikan tidak ada mobil belakang yang datang tiba-tiba. Ingat, jangan tergesa-gesa.

Patuhi Lambu Lalu Lintas dan Peraturan Jalan Raya

Peraturan yang dibuat berfungsi untuk memastikan para pengendara bisa lebih tertib. Ingat, peraturan dibuat untuk meminimalisir kesalahan yang manusia lakukan. Contoh beberapa peraturan penting adalah
  • Jangan menerobos lampu merah
  • Nyalahkan lampu sen jika ingin belok
  • Batas kecepatan
Semoga tips ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger