Beberapa Cedera Saat Melakukan Fitness

Banyak yang melakukan olahraga fitness untuk membentuk massa otot atau untuk memperbaiki bentuk tubuh. Bagi sebagian orang yang tidak memiliki waktu untuk datang ke gym secara rutin, memilih untuk membeli Alat Fitness sendiri agar dapat digunakan kapanpun mereka memiliki waktu luang. Namun karena harga alatnya yang terbilang cukup mahal, umumnya mereka hanya membeli satu atau 2 jenis alat saja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain jumlah alat yang terbatas, dengan menggunakan alat fitness sendiri di rumah artinya kita hanya akan mempelajari cara penggunaan alat tersebut berdasarkan dari buku panduan saja. Padahal, cara penggunaan yang salah bisa meningkatkan risiko cedera. Berikut ini, adalah beberapa cedera yang mungkin terjadi saat melakukan latihan fitness sendiri di rumah:

Cedera Sendi

Sendi yang mengalami cedera biasanya adalah sendi pada engkel kaki. Cedera ini sering terjadi karena posisi kaki yang kurang tepat saat mendarat, ketika sedang melakukan olahraga kardio. Cedera ini bisa saja ringan, namun bisa juga cukup parah hingga membuat kita sulit berjalan.

Cedera Lutut

Kram Otot
Jika kita terbiasa duduk dalam jangka waktu yang lama, akan membuat otot pada kaki dan pinggang menjadi kurang kuat, sehingga seluruh beban akan mengarah pada lutut ketika kita berolahraga.Hal ini akan meningkatkan risiko kita mengalami cedera lutut ketika aktif menggunakan otot kaki saat berolahraga.

Cedera Bahu

Cedera pada bahu ini bisa terjadi akibat salah posisi saat berolahraga, salah urat, atau otot yang tegang. Jenis latihan fitness yang memungkinkan kita mengalami cedera ini adalah mengangkat beban. Selain dari yang telah disebutkan di atas, mengangkat beban yang melebihi batas kemampuan kita juga memungkinkan kita mengalami risiko ini.

Kram Otot

Perut dan kaki adalah bagian yang paling sering mengalami masalah kram otot. Namun, bukan berarti tidak terjadi pada bagian tubuh lainnya. Meskipun tidak terlalu berbahaya, namun rasa sakit yang diakibatkannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Kram otot ini biasanya terjadi akibat gerakan mendadak, pemanasan atau peregangan yang kurang sebelum berolahraga.

Berbagai cedera yang telah disebutkan tadi dapat kita atasi dengan beberapa cara, antara lain menggunakan sepatu olahraga saat akan berlatih fitness, lakukan pemanasan yang cukup, dan jangan memaksakan diri melakukan olahraga yang berat diluar batas kemampuan. (Yv)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger