Aturan Saat Berada di Fine Dining Restaurant


Ada kalanya kita, teman, pasangan, atau klien bisnis membutuhkan lebih dari sekadar makan enak, ketika memilih tempat untuk makan di luar. Salah satu tempat yang selain menyajikan makan enak juga atmosfer yang nyaman adalah restoran-restoran fine dining. Restoran-restoran seperti Akira Back Jakarta, Skye, dan Casa D’oro adalah beberapa contoh restoran fine dining di Jakarta. Restoran-restoran ini biasanya dimiliki oleh chef-chef berkelas dunia, dengan resep-resep yang berasal dari mereka juga.
Dengan kelas restoran yang bisa dibilang lebih ‘atas’, etiket-etiket makan seperti tidak berbicara ketika mulut penuh, tidak berbicara jorok selama makan, dan menutup mulut ketika batuk sudah menjadi pengetahuan umum. Tetapi, restoran-restoran fine dining memiliki beberapa etiket dan peraturan tambahan yang sebaiknya diketahui oleh mereka yang mungkin baru pertama kali mengunjungi restoran fine dining.
Fine Dining Restaurant
  • Di restoran fine dining, dress code sangat penting untuk menjaga atmosfer. Laki-laki biasanya dianjurkan untuk mengenakan jaket atau jas, dan dasi jika bersantap bersama klien bisnis. Perempuan dianjurkan memakai dress dan sepatu, bukan sandal.
  • Dompet, telepon genggam, dan kunci sebaiknya tidak ditaruh di atas meja. Ini akan mengganggu penempatan piring.
  • Jika Anda yang menjamu teman atau klien untuk bersantap, maka pastikanlah si tamu yang memesan pertama.
  • Si penjamu juga sebaiknya memberikan kartu kreditnya sebelum duduk, agar tidak merepotkan ketika nanti membayar.
  • Jangan memanggil pelayan Anda dengan suara keras. Cobalah untuk membuat kontak mata dengan si pelayan atau angkatlah tangan untuk menarik perhatian mereka.
  • Jika makanan Anda belum dimasak dengan benar, mintalah pelayan untuk mengembalikan makanan tersebut dan perbolehkan tamu-tamu Anda untuk makan duluan.
  • Jika bersantap dengan klien bisnis, janganlah mulai berbicara bisnis sebelum makanan utama selesai.
Setelah mengikuti semua tips-tips di atas, ada satu lagi hal yang sangat penting ketika bersantap di manapun, yaitu tata krama. Dengan tips-tips ini Anda tidak perlu malu dan gugup lagi ketika diajak atau mengajak bersantap di restoran-restoran fine dining. (Dana)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger