Membangun Rumah Antibanjir

Memasuki musim hujan, jalanan yang tergenang air sudah menjadi pemandangan lumrah dan biasa. Tidak hanya di jalan raya saja tetapi juga di depan rumah Anda. Nah, bagi Anda yang memiliki hunian di kawasan langganan banjir karena konturnya yang rendah, hal ini pastinya sangat mengganggu kenyamanan Anda.

Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan rumah Anda agar antibanjir dan genangan air di jalan depan rumah tidak memasuki kawasan hunian. Cara-cara yang ditempuh sebenarnya beragam, mulai dari meninggikan bagian depan rumah hingga membangun pagar beton. Untuk poin terakhir, tentunya Anda harus mencari tahu harga pagar panel beton untuk menghadirkannya di bagian depan rumah Anda. Lantas, apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan hunian yang tahan banjir? Ini dia tips-nya:
melindungi rumah dari banjir
  • Pasang barikade di depan rumah. Agar genangan air di depan rumah tidak bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun barikade. Barikade ini bisa berupa pagar atau pembatas jalan yang sedikit lebih tinggi daripada permukaan jalan. Pembangunan pagar rumah harus diperhatikan dengan baik, agar dapat berfungsi sebagai penahan banjir namun tidak merusak tampilan rumah. Supaya tampilannya tidak mengganggu keseluruhan interior rumah, gunakan pagar panel beton yang dipadukan dengan batuan alam. Kesan natural pun bisa tumbuh seketika.
  • Buat kolam kecil di halaman rumah. Meski sudah membuat pagar pembatas, tidak jarang air masih tetap tergenang di halaman rumah Anda karena derasnya intensitas hujan. Kolam kecil ini berfungsi untuk menampung aliran air hujan agar tidak melebar ke mana-mana.
  • Meninggikan lantai beranda. Jika dua cara di atas tidak berhasil, maka yang berikutnya bisa Anda lakukan adalah meninggikan lantai beranda. Hal ini dimaksudkan agar air tidak masuk ke dalam rumah meski sudah menggenangi halaman rumah. Naiknya ketinggian lantai di beranda depan mau tidak mau membuat posisi rumah agak jomplang dan tidak indah. Untuk itu, Anda harus menyiasatinya dengan membuat tangga kecil. Perhitungan antara ketinggian lantai dan jarak dengan plafon juga wajib dipertimbangkan.
Tiga cara di atas adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat hunian antibanjir. Bagaimana menurut Anda? Siap untuk menerapkannya? Semoga membantu!

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger