Tips Menata Ruang Tamu dengan Apik

furniture ruang tamu
Ruang tamu merupakan tempat pertama yang dilihat oleh tamu ketika bertandang ke rumah, karena itulah banyak yang menganggap penting memiliki ruang tamu yang nyaman. Selain itu, ruang tamu juga menjadi tempat berkumpulnya keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur agar furniture seperti meja ruang tamu, sofa, tv dan rak tertata apik sehingga memberikan ruang yang cukup dan suasana yang nyaman untuk tamu maupun anggota keluarga. Gimana cara menata ruang tamu yang apik? Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

Ukur Ruang Tamu

Hal pertama dalam menata ruang tamu adalah mengukur. Gunakan meteran untuk mengukur ukuran ruangan. Dengan menggunakan meteran, kita bisa mendapatkan ukuran pasti. Setelah mengetahui ukuran ruangan, kita tahu kisaran ukuran furniture yang dapat dipilih untuk mengisi ruang tamu.

Pastikan Belakang Sofa ada Ruang Kosong

Sebisa mungkin atur agar orang tidak akan jalan mondar mandir melewati area di depan TV. Hal ini untuk memastikan acara menonton atau ngobrol ceria tidak akan terganggu. Cara paling mudah adalah memberikan ruang di belakang sofa yang memperbolehkan orang melewatinya. Minimal ada 60cm ruang kosong dibelakang sofa.

Berani Melakukan Mix Match

ruang tamu
Jika hanya menggunakan 1 warna untuk dinding, lantai dan furniture, akan terasa kesan monoton yang membosankan. Agar suasana lebih ceria, kita harus berani memadukan warna. Gimana caranya? Cara paling murah adalah tambahkan beberapa bantal kursi dengan warna pastel  atau motif bunga untuk menambahkan suasan lembut dan homey; atau warna berani yang lebih ngejreng untuk memberikan suasana yang ceria.

Selain menggunakan bantal, kita juga bisa menambahkan taplak meja senada dengan bantal kursi. Cara lain? Tidak ada salahnya juga menambahkan sofa tambahan dengan warna berbeda dari sofa utama, Dengan menambahkan sofa warna berbeda, kita bisa menghilangkan rasa monoton pada ruang tamu kita.

Tambahkan Hiasan Dinding yang Artistik

Agar dinding tidak kosong, kita menambahkan lukisan  atau foto. Jangan malas, keluar dan carilah lukisan atau foto yang cocok. Di Jakarta sendiri, banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk mencari lukisan atau foto artistic. Jika tidak suka lukisan atau foto, it’s okay memilih hiasan dinding lain seperti rak buku ataupun stiker. Pastikan semuanya artistik dan cocok dengan tema ruang tamu kita.

Sampai disini dulu tips –nya. Semoga tips ini membantu. Ayo, saatnya meninggalkan artikel ini dan menata ulang ruang tamu. Go…Go! –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger