Jangan Keliru, Ini Bedanya Film Box Office, Blockbuster, dan Mockbuster

nonton
Kamu yang sering nonton film pasti sering mendengar istilah seperti box office Indonesia. Namun sebenarnya apakah kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan film box office? Begitu juga dengan istilah film lain seperti blockbuster dan mockbuster. Sudah tahu apa perbedaan dari istilah-istilah tersebut? Mari kita cek penjelasannya di bawah ini!

Box office

Istilah box office mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Yup, film box office berarti merupakan film yang telah mendapatkan penghasilan atau meraup keuntungan lebih dari biaya yang dikeluarkan untuk produksi. Keuntungan ini juga didapatkan dalam waktu yang cukup singkat, biasanya hanya dalam beberapa kali tayang. Namun zaman dahulu istilah box office mengacu pada kebiasaan mengedarkan box-box kepada penonton untuk mengumpulkan donasi atas sebuah pemutaran film karena dulu belum ada loket yang menjual tiket. Alhasil film tersebut dijuluki dengan film box office.

Blockbuster

Blockbuster ini merupakan istilah yang diberikan pada film-film yang mendapatkan keuntungn lebih dari USD 100 juta. Jaws (1975) merupakan film pertama di Hollywood yang memulai era blockbuster karena berhasi l meraih penjualan tiket di atas USD 100 juta. Meski demikian, sekarang ini istilah blockbuster sudah mulai diartikan sebagai film-film dengan biaya produksi yang tinggi dan dipasarkan secara lebih luas. Istilah blockbuster sekarang juga lebih diartikan sebagai film-film dengan biaya produksi dan marketing yang lebih tinggi dibandingkan dilihat dari kesuksesan filmnya.

Mockbuster

‘Mock’buster adalah istilah yang diberikan pada film yang bermaksud untuk meniru sebuah film yang populer. Yup, film ini memang sengaja dibuat sebagai ejekan atau tiruan dan memanfaatkan ketenaran film yang sukses besar. Meski cerita dan nama film mockbuster ini dibuat semirip mungkin tapi jarang  fim mockbuster yang mendapatkan kesuksesan serupa. Mungkin hal ini juga dikarenakan budget yang digunakan untuk membuat film mockbuster biasanya tidak sampai 10% dari film yang ditiru. Salah satu contoh film mockbuster yakni Atlantic Rim (2013) yang meniru film Pacific Rim (2013). Namun apakah mungkin film mockbuster menyaingi film tiruannya? Who knows.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa perbedaan antara film box office, blockbuster dan mockbuster? (Rima)

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger