Langkah Membersihkan LED TV

LED TV merupakan tv layar datar yang semakin banyak digemari. LED merupakan kepanjangan light emitting dioda, dari namanya sebenarnya sudah sangat jelas bahwa tv ini menggunakan teknologi Dioda. Salah satu alasan harga led mahal adalah teknologi Dioda yang digunakan. Dengan harga beli yang mahal tentunya kita berharap jika tv ini bisa awet dipakai.

Cara Membersihkan TV jenis LED

Salah satu cara agar tv awet dipakai adalah dibersihkan secara teratur. Namun tidak bisa sembarangan membersihkannya. Perlu diingat bahwa tv berlayar datar lebih sensitif daripada tv tabung. Bisa dikatakan layar tv ini mirip dengan layar laptop. Bila sensitif, lalu gimana cara membersihkannya? Berikut beberapa langkah membersihkan LED TV yang bisa kita gunakan:

Matikan LED TV

Saat akan membersihkan, pastikan kita mematikan tv. Dengan layar yang hitam, kita akan lebih mudah melihat bagian mana dari layar yang masih kotor atau berminyak.

Kain Kering untuk Membersihkan Minyak dan Kotoran

Gunakan kain kering yang halus untuk mengelap layar dengan hati-hati. Sangat disarankan menggunakan kain tipe microfiber yang biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata. Tidak disarankan menggunakan kain seperti tisu, kertas toilet, koran atau kain katun (baju). Bahan non-ultrasoft bisa merusak permukaan tv.

Tidak Bisa Bersih Walaupun Sudah Dilap?

bersihkan led tv
Jika permukaan masih tetap kotor atau berminyak setelah dilap dengan kain kering, jangan mengelapnya dengan kuat. Hentinkan pengelapan dengan kain kering dan lakukan step selanjutnya.

Bila masih kotor, coba basahi kain dengan campuran air suling dan cuka putih. Rasio campurannya sama (equal). Jika tidak ingin menggunakan campuran ini, kita bisa membeli cairan pembersih khusus. Sekarang sudah banyak yang menjual cairan pembersih khusus ini di toko-toko peralatan komputer.

Dalam membeli cairan pembersih khusus ini, kita perlu mengecek komposisinya. Hindari membeli cairan yang mengandung ammonia, ethyl alcohol, toluene, acestone, ethyl acetate atau cairan alkohol lainnya. Cairan kimia ini dapat merusak layar.

Membersihkan Bagian Pingir TV

Bagian pingir (sekeliling layar), bisa dibersihkan dengan kain kering. Jika menggunakan kain basah pun pastikan tidak basah banget, perlu diingat bahwa yang kita bersihkan adalah barang elektronik. Dan pastikan juga tidak mengenai layar ya karena layar LED TV ini sensitif.

Caranya mudahkan? Tidak report kan? Nah berarti bisa diterapkan pada LED TV di rumah, selamat mencobanya. 

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger