Perut Lapar Tengah Malam? Minum Air Hangat

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan badan langsing adalah “Tidak Mengkonsumsi Makanan di Tengah Malam”. Kebanyakan dari kita terutama yang suka bergadang memiliki sebuah habit baru yaitu makan saat tengah malam. Yang lebih parahnya lagi, makanan yang dikonsumsi biasanya mie. Hal ini banyak dialami oleh para mahasiswa terutama mahasiswa yang tinggal jauh dari pengawasan orang tua (pegalaman pribadi).

badan langsing
Kenapa saat begadang di tengah malan, kita bisa merasa lapar? Jawabannya sebenarnya hal itu hanyalah perasaan dan keinginan saja karena sebenarnya lambung sudah tidak perlu diisi lagi setelah jam 8 malam.
Dr.dr Darmono SS, MPH, SPGK sebagai salah satu Pakar Gizi dan pengajar di Universitas Diponegoro menegaskan bahwa rasa lapar yang kita rasakan di tengah malam sebenarnya hanyalah sebuah sensasi dimana kita masih ingin makan walaupun sebenarnya lambung sudah penuh. Soalnya menurut dia, kalau kita sudah makan pas jam 7 atau jam 8 malam; lambung sudah terisi penuh. Tekecuali kita tidak makan dari sore, barulah rasa lapar di tengah malam dimaklumi.

Bila setelah kita makan malam namun pas memasuki tengah malam, hal ini bisa terjadi karena adanya rasa tidak cukup setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan.  Cara aman untuk mengatasi rasa lapar di tengah malam adalah minum air hangat.

Sebagai seorang pakar Gizi, Darmono sangat menyarankan kita untuk memilih air putih hangat daripada maknanan lainnya seperti mie, nasi goreng, cemilan dan lainnya. Biasanya saat kita lapar selain mie, kita akan mencari cemilan ringan seperti gorengan atau cemilan lainnya. Namun perlu diingat bahwa cemilan juga salah satu makanan untuk penambah energi yang hanya akan membuat kita mengemuk dan memperbesar potensi menderita diabetes.

Selain air putih hangat, makanan yang bisa dikonsumsi pas tengah malam dan kita tetap memiliki tubuh langsing adalah buah dan sayuran. Memang kita boleh mengkonsumsi buah dan sayur namun kita dilarang mengkonsumsi mereka dalam jumlah yang banyak karena lambung dan tubuh akan sebentar lagi beristirahat.

Singkat cerita agar bisa mendapatkan perut langsing, lebih baik hanya konsumsi air putih hangat, sayuran dan buah ketika kita merasa lapar pas tengah malam. Sampai disini dulu artikel kecantikan kali ini –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger