Agar Bisa Berpuasa Dengan Baik

Puasa itu wajib dijalankan bagi setiap muslim yang sudah dewasa (Baligh), sehat, berakal dan tidak sedang melakukan safar (perjalanan jauh). Hal ini tertulis langsung dengan jelas di QS. Al Baqarah [2]: 183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaiman diwajibkan atas orang-orang sebelum kamur agar kamu bertakwa”. Selain tindakan, sikap hati juga penting.  Memang menjalankan puasa itu wajib namun kalau hatinya gak rela tetap aja puasanya jadinya bukan ibadah. Jadi siapkan hati yang rela untuk melaksanakan ibadah.

Selain hati dan niat dalam menjalani ibadah puasa ini, kita juga harus menyiapkan kesehatan kita.  Tubuh yang sehat memungkinkan kita menjalani puasa hingga akhir dengan baik terutama untuk puasa yang dilakukan hingga 29 / 30 hari. Menjaga kesehatan tubuh itu sebenarnya sangat gampang asalkan kita menjalankan cara berbuka dan sahur yang baik dan sehat.

Tips Menjalankan Puasa dengan Baik

Berikut beberapa tips untuk berpuasa dengan baik dan sehat:
Makanan
puasa
  • Hindari langsung mengkonsumsi makanan berat pas berbuka. Perut yang kosong akan kaget bila kita memasukan makanan berat tiba-tiba. Pas berbuka konsumsi buah segar baru air putih. Pada saat perut kosong, mineral dan vitamin pada buah bisa diserat dengan lebih baik. Jadi konsumsi buah sebelum konsumsi makanan lainnya. Setelah makan buah, beberapa menit kemudian baru makan berat.
  • Sahur tidak boleh diabaikan. Sahur penting karena pada saat sahur kita mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kita bisa menjalani ibadah puasa dengan baik.
  • Hindari makanan yang pedas karena takut menganggu pencernaan terutama untuk orang yang memiliki lambung lemah.
  • Hindari mengkonsumi makanan yang asin pas sahur karena asin terutama asin yang menggunakan garam dapat membuat kita cepat haus. Semakin cepat kita haus, semakin lemah hati untuk puasa.
  • Jangan makan secara berlebihan. Makan secara berlebihan pas berbuka dan sahur hanya akan memicu gangguan pada pencernaan. Makan secukupnya jangan sampai kekenyangan.
Minuman
  • Pada saat berbuka sampai sahur, pastikan kita minum total minimal 7 gelas atau setidaknya 2 liter air. Sebagian besar tubuh manusia tersusun dari cairan jadi air itu sangat penting.
  • Untuk yang suka jus, disarankan pilih jus buah segar yang tidak dicampur dengan gula karena lebih sehat. Ingat kita perlu badan yang sehat untuk menjalankan puasa.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein dan bersoda. Untuk orang yang memiliki lambung yang lemah, mereka dapat diserang maag atau sakit perut biasa. Daripada nanti pas kejadian nyesal, mending cegah dari sekarang,
Olahraga dan Kerja
  • Setelah makan makanan saat berbuka dan sahur, jangan langsung tidur. Gerakan sedikit tubuh dengan membereskan meja dan mencuci. Kalau mau olagraga ringan sesudah berbuka atau sebelum sahur. Puasa tidak berarti kita tidak bisa berolahraga.
  • Kerja adalah bagian dari hidup kita, selama berpuasa jangan lupa menjalankan tugas seperti biasanya. Jangan karena puasa kita bermalas-malasan.
Semoga atikel informasi dan tips ini berguna. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger