Merawat Pemanas Air agar Awet

Pemanas air yang kita miliki bisa rusak kapan saja tanpa kita ketahui. Untuk memperpanjang umurnya, tentu kita harus merawatnya dengan baik. Semakin kita merawatnya dengan baik semakin awet juga peralatan pemanas ini. Gimana cara merawat yang baik? Berikut beberapa tipsnya:

Magnesium Anoda
Pastikan magnesium anoda yang ada di dalam tangki water heater masih bekerja dengan baik. Magnesium anoda berfungsi untuk menjaga agar PH air netral pada angka 7. Untuk daerah yang memiliki sumber air bersih dan baik, magnesium anoda bisa bertahan untuk 5 tahun. Masalahnya adalah bila sumber airnya tidak bersih (kurang bersih), magnesium anoda tidak akan bertahan untuk waktu yang lama. Disarankan menganti magnesium anoda setiap 1 tahun sekali. Bila airnya benaran sangat kotor, jangka waktu pergantian magnesium anoda bisa semakin pendek.

Bila magnesium anodanya tidak diganti, tingkat keasaman pada air akan naik (PH air normal 7 akan naik menjadi 8 atau lebih) atau tingkat kebasahannya yang naik (PH air normal 7 turun menjadi 6 atau lebih rendah lagi). Dengan tingkat kebahasan atau keasaman yang tinggi, air dapat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, tingkat PH air yang tidak normal dapat merusak lapisan tangki sehingga tangki mengalami kebocoran.

Safety Valve
pemanas air
Periksa secara berkala bagian safety valve. Apa itu safety valve? Safety valve adalah katup otomatis yang melepaskan zat agar tekanan di dalam tidak berlebihan, biasanya digunakan untuk mesin-mesin yang berhubungan dengan air seperti ketel uap. Dalam water heater, safety valve berfungsi sebagai alat pengaman agar tekanan pada tangki tidak berlebihan. Agar tidak terjadi penyumbatan, naikan safety valve secara berkala agar air bisa mengalir. Pastikan juga tidak ada kotoran atau barang yang menghambat safety valve.

Keseluruhan Mesin pemanas Air
Bersihkan secara berkala terutama untuk bagian tangki penampungan. Untuk membersihkan tangki, air harus dikuras (dikeluarkan) hingga habis. Untuk amannya mungkin pada awalnya mintalah bantuan ahli. Baru setelah kita tahu cara membersihkan yang benar barulah kita lakukan sendiri.


Semoga artikel merawat pemanas air ini bisa membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger