Demam Anak yang Aman

demam anak
Banyak artikel yang menyatakan bahwa Bunda tidak perlu khawatir dan panik ketika anak terserang demam. Hal ini dikarenakan demam sebenarnya reaksi tubuh untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Demam anak terjadi karena tubuh mendeteksi adanya virus atau bakteri yang masuk ketemu, sistem pertahan tubuh akan menaikan suhu tubuh untuk menghambat atau membunuh virus dan bakteri penyebab sakit.

Hannah Chow-Johnson selaku asisten profesor do Loyola University Chicago Stritch jurusan obat mengatakan bahwa demam secara tidak langsung telah memaksa anak untuk beristirahat untuk memulihkan kesehatannya. Malahan katanya, demam bisa lebih cepat membantu tubuh anak melawan bakteri dan virus yang masuk daripada obat.

Selain perkataan asisten Hanna Chow - Johnson, hasil penelitian dari peneiliti di Great Ormond Street Hospuital juga menunjukan bahwa mengatasi dengan obat bukan pilihan baik. Hal ini dikarenakan obat yang diberikan malahan memperlambat pemulihan tubuh. Obat memaksa suhu tubuh turun, padahal suhu tubuh tinggi diperlukan untuk membunuh virus atau bakteri penyebab sakit. Bisa dibilang Demam Anak yang Aman.

Ciri - Ciri Demam Anak yang Aman

Tapi Bunda perlu ingat bahwa tidak semua demam itu aman. untuk mengetahui apakah anak sedang mengalami demam dalam taraf aman atau tidak, berikut hal yang harus diperhatikan:

Suhu Tubuh

Suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius namun tidak mencapai 38 derajat Celcius masih bisa dikategorikan aman. Bila suhu tubuh anak sudah mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, disarankan membawa anak ke dokter.

Demam Hanya Sebentar

Demam yang disebabkan pelawan terhadapat virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh akan turun sendirinya dalam beberapa hari. Orang tua / Bunda dan Ayah harus memastikan anak beristirahat dengan nyaman dan diberikan asupan nutrisi untuk memprkuat sistem pertahan tubuh.

Cara Menurunkan Demam yang Terlalu Tinggi

Kompres

Gunakan kompres handuk air hangat. Penggunaan air hangat daripada air dingin lebih sangat disarankan. Air dingin hanya akan membuat tubuh semakin menaikan suhu badan. Jadi air dalam baskom harus terus hangat dan handuk yang sudah dingin harus segera diganti.

Bila ingin mudahnya atau simpel, gunakan fever patch plester penurun demam dari Rohto. Kompres instan yang bisa digunakan langsung tanpa perlu memanaskan air.

Air Putih

Konsumsi air putih diperbanyak agar anak tidak dehidrasi dan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Tidur atau Beristirahat

Tubuh membutuhkan istirahat penuh / tidur agar cepat memulihkan diri. Jadi pastikan anak nyaman saat dia tidur agar dia bisa beristirahat secara penuh.

Kapan Anak harus Dibawa ke Dokter

  • Anak mengalami demam padahal dia masih berumur 8 minggu.
  • Demam di atas 38 derajat Celcius.
  • Sedang menjalani kemoterapi atau pengobatan lainnya.
  • Memang memiliki penyakit di mana sistem pertahan tubuhnya memang rentan
  • Tidak ada penyebab Jelas terjadinya demam (tidak ada gejala batuk, pilek atau sakit) sedangkan demam sudah berlangsung 3 hari.
  • Demam tidak kunjung sembuh lebih dari 5 hari.
Semoga artikel informasi Demam Anak ini membantu para Bunda dan Ayah -hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger