Turunkan Berat Badan dengan Beras Merah

Berbagai cara menurunkan berat badan dengan cepat yang ditemukan dan digunakan,  salah satunya adalah mengkonsumsi beras merah. Beras merah merupakan makan penganti beras putih. Kenapa harus menganti beras putih dengan merah? Hal ini dikarenkan kandungan karbohidrat di dalam beras putih sangatlah tinggi.

cara menurunkan berat badan dengan cepat
Makanan yang mengandung karbohidrat dapat memicu aktifnya hormone insulin. Semakin banyak karbohidrat yang dimakan maka akan semakin banyak pula insulin yang dikeluarkan oleh tubuh sehingga kadar insulin akan melonjak. Apa yang terjadi ketika kadar insulin tinggi? Pengemukan badan.

Ketika kadar insulin tinggi berarti kadar karbohidrat di dalam tubuh sedang tinggi. Masalahnya adalah karbohidrat identik dengan gula karena keduanya menghasilkan glukosa. Dengan adanya glukosa baru dari karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dan kadar insulin meninggi, tubuh memutuskan untuk menghentikan proses pembakaran lemak dihentikan. Artinya lemak yang disimpan di beberapa bagian tubuh tidak jadi dihancurkan untuk diubah menjadi energi dihentikan jadinya tetap gemuk.

Kenapa tubuh memutuskan berhenti mengubah lemak menjadi energi hanya karena karbohidrat dan kadar insulin naik? Hal ini karena tubuh memutuskan untuk memproses glukosa yang baru masuk ke tubuh terlebih dahulu sebagai sumber energi daripada lemak lama yang disimpan tubuh.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat ala Beras Merah

Agar kadar insulin dan kandungan glukosa baru dari makanan berkarbohidrat tidak naik terlalu drastis, cara menanganinya adalah menganti beras putih dengan beras merah. Gimana caranya beras merah bisa menangani masalah ini?
beras merah
  • Beras merah mengandung zat warna alami antosianin yang terkenal dengan sidat antikanker, antioksidan, antihiperglikemik dan antihipertensi.
  • Mengandung serat yang sangat tinggi dan baik untuk memperlancar sistem pencernaan.
  • Beras merah memiliki kadar glikemik yang rendah. Bisa dibilang makan yang memiliki kadar glikemik yang rendah merupakan makanan yang paling efektif  untuk menurunkan berat badan.
  • Dengan kadar glikemik yang rendah, kadar insulin dan glukosa baru tidak akan meningkat secara drastis yang berarti tubuh akan tetap memproses lemak yang disimpan menjadi energi utnuk tubuh.

Manfaat  Beras Merah

  • Membantu proses menurunkan berat badan secara sehat.
  • Dapat mengontrol kadar gula darah dan insulin jadi cocok untuk orang yang memiliki kadar gula di dalam darah yang tinggi.
  • Kenyang untuk waktu yang lama sehingga jarang ngemil.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menjadi pemicu penyakit stroke dan jantung.
  • Membantu proses pembentukan hormone serotonin serta sel darah merah karena beras merah mengandung vitamin B6.
Cara menurunkan berat badan dengan cepat ala beras merah tidak hanya baik namun juga sehat. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger