Tips Tetap Hemat Energi Menggunakan Lemari Es

Lemari es atau kulkas adalah perangkat elektronik yang befungsi menjaga kesegaran bahan makanan dan minuman Anda. Sumber energi perangkat ini adalah listrik. Masalahnya adalah tarif dasar listrik selalu naik setiap tahunnya. Tentu saja dengan adanya kenaikan tariff dasar listrik, anggaran belanja rumah tangga juga naik. Anda harus pandai – pandai mengatur setiap pengeluaran agar anggaran belanja rumah tangga tidak terkuras hanya untuk membayar tagihan listrik.

Solusi menanggulangi agar tagihan listrik tidak membengkak adalah mengurangi pemakaian tenaga listrik. Contoh hal yang bisa dilakukan adalah
  • Desain rumah hemat energi – banyak ventilasi dan jendela sehingga cahaya matahari bisa masuk dan menerangi seisi rumah. Setidaknya dari jam 7 pagi – jam 5 sore, Anda tidak perlu menggunakan lampu karena cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sudah cukup menerangi rumah.
  • Mematikan setiap perangkat elektronik seperti TV, Kipas atau AC ketika gak digunakan.
  • Lakukan trik untuk mengurangi penggunaan energi untuk peralatan yang tidak bisa dimatikan seperti lemari es/kulkas

Trik Mengurangi Penggunaan Energi Lemari Es

Cara Susun Barang di Dalam Lemari Es

menyusun isi lemari es
Kulkas atau lemari es berfungsi mendinginkan dan menjaga kesegaran makanan serta minuman. Untuk berfungsi dengan benar, lemari es akan mengubah udara menjadi dingin lalu menyebarkan udara dingin yang dihasilkan ke dalam seluruh ruang di dalamnya. Jadi Anda harus
Menata isi lemari es secara rapi dan enak dilihat.

Untuk barang yang berbau seperti bumbu masak, ikan dan lainnya; ada baiknya disimpan dalam kotak plastik khusus yang memiliki tanda snowflake agar tidak mempengaruhi bau barang lainnya.
Tidak boleh ada barang yang menghalangi di depan lubang keluarnya udara dingin.
Tidak boleh terlalu penuh karena isi kulkas yang terlalu penuh menghalangi pembagian udara dingin.

Tata Letak Kulkas

Karena kulkas bersifat dingin, maka sangat disarankan untuk meletakannya di daerah yang sejuk dan jauh dari sumber panas seperti pemanas ruangan, cahaya matahari langsung, kompor dan lainnya. Bila dekat dengan sumber panas, kerja kulkas untuk menjalankan mesin pendingin agar bisa menciptakan udara dingin semakin keras. Semakin keras kerja sebuah kulkas maka akan semakin banyak juga tenaga listrik yang digunakan.

Disarankan juga, kulkas tidak langsung dipasang menempel dengan dinding. Setidaknya ada jarak 15 – 20 cm antara bagian belakang kulkas dengan dinding. Selain itu, disarankan jangan mempercantik kulkas Anda dengan stiker atau hiasan lainnya pada bagian depan dan atas kulkas agar tidak menghalangi proses pelepasan panas.Proses pelepasan panas terjadi setiap kali kulkas mengubah udara menjadi dingin dan membuang panasnya keluar.

Pastikan setiap kali menutup pintu, pintu tersebut tertutup dengan rapat agar tidak ada udara dingin yang keluar lagi.Bila karet pintu sudah mulai rusak, cepat ganti agar fungsi pintu untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas bisa dijalankan dengan baik.

Buka Tutup Pintu

Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas karena setiap kali buka, tenaga listrik yang digunakan oleh kulkas meningkat (nyalakan lampu di bagian dalam). Selain itu membuka pintu terlalu lama akan membuat udara dingin yang ada di dalam keluar sehingga kulkas harus mulai membuat udara dingin lagi saat pintu ditutup kembali. Tentu untuk menghasilkan udara dingin agar suhu di dalamnya terjaga, kulkas membutuhkan tenaga.

Jangan Menyimpan Makanan atau Minuman Panas

Tidak boleh memasukan makanan atau minuman yang masih panas. Bila ada makanan atau minuman yang masih panas dimasukan, lemari es membutuhkan tenaga lebih banyak untuk menurunkan suhu panas tersebut dan kemudian mengubanya menjadi suhu dingin.

Matikan Selama Berpergian Jauh


Saat satu keluarga akan berpergian atau berlibur untuk waktu yang lama (lebih dari 2 hari) sangat disarankan untuk mematikan kulkas. Tentu sebelum dimatikan, semua barang dikulkas harus dikeluarkan dan makanan yang bisa basi sudah dihabiskan.

Dengan cara ini, Anda bisa menekan pengeluaran untuk pembayaran tagihan listrik. Semoga artikel penghematan tenaga listrik lemari es ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger