Kabel Data Center

Kabel merupakan sesuatu yang umum ditemukan dalam sebuah data center.Semakin banyak peralatan yang digunakan maka akan semakin banyak kabel yang digunakan. Banyak orang tidak menyadari pentingnya kabel dalam menjaga kinerja data center sehingga tidak aneh bila mereka menelantarkannya. Di bawah, ini beberapa tips untuk memilih dan merawat kabel.

Tips Memilih dan Merawat Kabel yang Tepat untuk Data Center

Lakukan pengukuran 2-3 kali

Ukur dulu 2-3 kali hingga pasti berapa panjang dibutuhkan. Dengan cara ini, kita bisa meminimalis pembuangan kabel yang tidak digunakan karena salah pengukuran. Selain meminimalis rimba, kita juga memotong pengeluaran tidak perlu.

Gunakan Label untuk Kabel Data Center

merapikan kabel data center
Berikan label pada kedua ujungnya. Dengan adanya label, tentu akan mempermudah pekerjaan kita terutama ketika kita ingin menguji sekelompok sirkuit, pencabutan kabel patch dab lainnya. Toh, pemberian label hanya membutuhkan sedikit waktu saja.

Dalam pemberian label, pastikan sistem pelabelannya konsisten. Bila perlu buatlah peraturan dan buku panduannya. Dengan adanya sistem pelabelan yang teratur tidak akan membigungkan diri sendiri dan orang yang bekerja untuk kita.

Cepat Ganti dengan Kabel Baru

Ketika melakukan pengecekan berkala, pastikan kabel yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Jika kabel sudah mulai tidak bisa berfungsi seperti semestinya berarti saatnya kabel tersebut diganti. Semakin cepat diganti, semakin baik. Jangan menunggu hal ini menjadi masalah besar.

Lakukan Test Kabel

Setiap kali kabel dipasang, lakukan test dengan alat test khusus untuk kabel data center. Dan pastikan kabel tersebut lulus tes dengan nilai sempurna yaitu 100%. Tidak 100%, jangan dipakai. Dengan melakukan test, kita memastikan kedepannya tidak ada akan masalah.

Warna Kabel Konsisten

Disarankan menggunakan warna kabel yang sama. Jika ingin menggunakan warna kabel yang lain, pastikan warna tersebut memiliki tujuan / maksud contohnya kabel putih untuk sumber energi, kabel biru untuk back up data dan lainnya. Ingat, jangan sembarangan menggunakan kabel warna tanpa ada tujuan atau maksud.

Jaga agar Kabel Tetap Dingin

Bukan hanya rak server saja yang perlu dijaga agar suhunya dingin tetapi juga kabel. Kabel sama seperti server, mereka bekerja 24/7 tanpa henti. Kabel yang cepat panas dapat  meningkatkan resiko konslet atau kebakaran. Sehingga kita perlu memastikan kabel harus cool terus.


Semoga informasi kabel data center ini membantu

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger