Mola-Mola Primadona Wisata Selam Bali

Bali menjadi salah satu daerah wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi bagi mereka yang gemar dengan hobi diving atau menyelam. Bagaimana tidak, Bali menyimpan banyak tempat penyelaman indah yang sudah terkenal hingga ke manca negara. Tidak heran, banyak hotel di Bali yang penuh dengan wisatawan yang ingin mencicipi arus dan pemandangan bawah laut Bali. Salah satu objek yang paling banyak dicari oleh para wisatawan ini saat menyelam di bawah laut Bali adalah ikan Mola-mola.

Mola-Mola
Bentuk Ikan Mola-mola sangat unik dan berbeda dengan ikan umumnya. Tubuhnya berbentuk bulat, sedikit gepeng, dengan tektur kasar dan berwarna abu-abu, serta sirip yang panjang ke atas di bagian atas dan bawah tubuhnya. Bentuknya yang sekilas seperti batu gerinda ini pun menjadi asal-usul namanya dalam bahasa latin, yakni “millstone” yang berarti batu gerinda.

Bentuknya yang unik ini juga membuatnya dijuluki dengan nama “Moon fish” di beberapa negara Eropa karena menyerupai bentuk bulan. Sementara di Inggris ikan ini dikenal dengan sebutan “Sunfish” karena kebiasaannya yang suka berjemur menikmati sinar matahari di dekat permukaan air laut.

Ukuran tubuh Mola-mola bisa mencapai 3 meter untuk panjangnya dan tinggi 4 meter.  Dengan berat yang mencapai rata-rata hingga 2,2 ton. Meski berukuran besar, namun ikan ini kebanyakan bersifat jinak. Mereka justru merasa penasaran dengan para penyelam yang mendekatinya. Tidak heran, banyak penyelam yang menyelami lautan Bali untuk bisa bertemu dengan makhluk laut ini.

Habitat Mola-mola sebenanya bebas ada di mana saja, namun memang sulit ditemukan karena lebih menyukai untuk berenang sendirian di lautan. Kegemarannya untuk “berjemur” di terik matahari menjadikan perairan tropis seperti Bali menjadi tempat yang paling sering dikunjungi Mola-mola. Di Bali sendiri, ikan Mola-mola sering ditemukan di wilayah Nusa Penida. Wilayah penyelaman di Nusa Penida biasanya sangat ramai dikunjungi oleh penyelam yang ingin melihat langsung keunikan ikan ini. Terutama pada bulan Agustus hingga Oktober yang dikatakan merupakan waktu terbaik untuk melihat ikan ini.

Tertarik untuk ikut melihat ikan Mola-mola yang unik ini? Jangan khawatir repot, karena saat ini sudah banyak agen-agen perjalanan wisata di Bali yang sudah menawarkan paket penyelaman khusus untuk melihat Mola-mola. Selain itu masih banyak titik penyelaman di Bali yang bisa dikunjungi selama Anda di Bali. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger