Tips Efektif Menyampaikan Keluhan Ke Hotel

Suatu hotel bisa dikatakan sebagai the best hotel in Indonesia terlihat dari bagaimana performanya dalam melayani tamu. Baik itu memenuhi kebutuhan dan keperluan tamu hingga menangani keluhan tamu hotel. Hotel yang baik tentunya akan menangani keluhan dari tamu dengan sigap dan tetap ramah. Namun terkadang, ada beberapa hotel yang seperti tidak mengindahkan keluhan kita dan ini belum tentu murni kesalahan dari si pelayan hotel. Kadang, ini bisa juga terjadi karena kurang tepatnya kita dalam mengajukan keluhan atau komplain tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengajukan komplain ke resepsionis atau front desk hotel agar lebih efektif, di antaranya:
Menyampaikan Keluhan
  • Komplain keluhan kita dengan jelas. Jelaskan dengan tenang dan jelas keluhan yang kita miliki, apa yang terjadi, kapan terjadinya. Semakin jelas detail yang dimiliki oleh resepsionis maka akan semakin mudah mereka untuk membantu mengatasi keluhan kita. Resepsionis selanjutnya akan meneruskan keluhan kita ini ke bagian-bagian lain yang bersangkutan.
  • Ingatlah nama atau wajah petugas resepsionis yang menerima keluhan kita. Ini bisa sangat membantu petugas hotel untuk mem-follow up keluhan kita sebelumnya. Dengan mengetahui atau minimal mengingat wajah petugas resepsionis yang menerima komplain kita, akan mempercepat proses follow up keluhan.
  • Mintalah manajeman dengan kedudukan yang lebih tinggi untuk turun tangan bila masalah semakin buruk. Bila keluhan kita ternyata tidak dianggap dan tidak juga dibenahi, maka cara yang paling efektif untuk menghadapinya adalah dengan meminta manajemen dengan kedudukan yang lebih tinggi untuk turun tangan. Kemudian jelaskan dengan tenang mengenai permasalahan yang ada. Tapi perlu diingat untuk jangan dengan mudah memanggil manajer untuk mengatasi keluhan Anda, karena bisa saja petugas resepsionis bisa menangani keluhan Anda tanpa perlu memanggil otoritas yang lebih tinggi.
  • Ingat untuk tetap sopan. Para petugas di front desk suatu hotel pastinya merupakan individual-individual yang telah berpengalaman dalam berhubungan dengan tamu. Karenanya kita tidak perlu merendahkan mereka ketika mengadukan keluhan kita. Dengan begitu, petugas akan merasa lebih senang untuk membantu.
  • Lakukan follow up. Tidak hanya petugas hotel saja yang wajib melakukan follow up tapi kita juga. Ini karena kadang petugas hotel tidak mengetahui apakah tamu hotel merasa puas dengan penanganan keluhan yang sudah dilakukan. Untuk itu, kita harus memberikan follow up dan feed back kepada petugas hotel mengenai hasil pengangan keluhan yang dilakukan, apakah kita puas atau tidak. Ini bisa membantu mereka untuk lebih meningkatkan pelayanan mereka.
Dengan mengajukan keluhan secara tenang dan sopan, pastinya petugas hotel akan dengan senang hati membantu kita dalam menyelesaikan masalah. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger