Berbagai Tipe Bucket Excavator


Excavator merupakan jenis alat berat yang digunakan untuk memindahkan satu material ke tempat lain atau ke alat angkut. Alat ini dilengkapi dengan lengan (arm dan boom) dan pengeruk atau yang biasa disebut dengan bucket untuk menyelesaikan pengerjaannya. Excavator bisa dikatakan sebagai alat yang sangat serba guna, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja untuk menggali parit dan pondasi, mengangkat dan memindahkan material, meratakan tanah, hingga menghancurkan gedung. Keberagaman fungsi excavator ini tidak lepas dari bagian bucket excavator.

Bagian bucket dari excavator ini bisa diganti-ganti disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Beda jenis bucket, beda fungsinya, karena itu, penting sekali untuk menggunakan bucket yang tepat untuk satu pekerjaan agar hasilnya bisa maksimal. Berikut ini beberapa jenis atau tipe bucket excavator sesuai dengan fungsi pekerjaannya, yakni:

Digging Bucket (bucket penggali)

Digging Bucket
Seperti namanya, bucket ini digunakan untuk menggali berbagai material. Perbedaan material digali berpengaruh pada bagian gigi atau ujung bucket. Misalnya saja untuk menggali tanah yang lebih lunak digunakan gigi yang tumpul, sementara untuk menggunakan material yang lebih keras seperti batu, maka digunakan gigi yang runcing.

Rock bucket

Rock bucket
Rock bucket merupakan variasi dari digging bucket. Digging bucket dilengkapi dengan gigi yang tajam dan struktur yang kuat. Ini karena bucket jenis ini biasa digunakan untuk pekerjaan di daerah tambang atau lokasi dengan material yang sangat keras, seperti untuk mencongkel atau menghancurkan batu.

V bucket

V bucket
Tidak seperti bucket pada umumnya yang berbentuk kotak, bucket ini berbentuk seperti huruf V besar. Bentuk V ini berguna untuk membuat saluran air atau pipa. Bagian bawah bucket berguna untuk menambah kedalaman, sementara bagian samping kanan dan kirinya untuk menambah kelebaran.

Skeleton Bucket

Skeleton Bucket
Bentuk skeleton bucket tergolong unik dan berbeda dari bucket lainnya. Bentuknya seperti penyaring yang memungkinkan batu-batu kecil yang diangkut keluar sehingga hanya batuan yang berukuran besar saja yang termuat.

Hardpan Bucket

Bucket excavator satu ini digunakan untuk menghancurkan material keras, mirip seperti rock bucket. Bedanya pada bagian belakang ember ditambahkan gigi yang digunakan untuk menghancurkan tanah padat pada saat bucket menggali. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger