Sejarah Kegel Untuk Otot Dasar Panggul

Senam Kegel terkenal sebagai salah satu cara merapatkan vagina yang sangat populer bagi kalangan wanita. Tujuan dari senam / latihan kegel adalah memperkuat otot pada dasar panggul jadi bukan hanya untuk merapatkan vagina. Senam ini sangat disarankan untuk para calon ibu karena senam ini dapat membantu ibu pada saat proses persalinan.

Pencipta Senam Kegel

Arnold Kegel
Senam kegel ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1948 oleh Arnold Kegel. Arnold memiliki nama lengkap Arnold Henry Kegel merupakan seorang Ginekolog atau seorang dokter Ginekolog. Apa itu Ginekolog adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari penyakit dan sistem reproduksi wanita.

Selain menciptakan olahraga / senam kegel, Arnold juga menciptakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan kontraksi otot – otot pada dasar panggul. Alat ini bisa disebut dengan nama Kegel Perineometer. Ke dua hal ini diciptakan Arnold untuk membantu wanita. Hal ini bisa dilihat dari fungsinya di mana senam kegel dapat dikatakan sebagai pengobatan tanpa operasi untuk genital. Pada awalnya, banyak orang yang tidak mengenal senam kegel ini namun karena cara ini terbukti berhasil terutama meningkatkan kepuasan hidup suami istri, maka senam ini semakin terkenal kian harinya.

Kegel, Cara Merapatakan Vagina

Salah satu manfaat senam Kegel yang paling membuatnya populer adalah senam ini dapat merapatkan area kewanitaan agar semakin kencang. Formula kegel yang baik adalah:
  • Lakukan 3 kali seminggu bila ingin merapatkan vagina.
  • Kencangkan otot sar panggul dan tahan selama 10 detik lalu rilekskan selama 10 detik sebelum dikencangkan lagi. Lakukan 10 repetisi.
  • Setelah repetisi 10 detik selesai masuk ke tahap ke-2 yaitu tahan selama 2 detik kemudian rileks 2 detik sebelum dikencangkan lagi.
Tahap pertama digunakan untuk membentuk otot sedangkan tahap ke-2 berfungsi memperkuat otot – otot kontraksi. Ingat hanya boleh dilakukan 3 kali seminggu.

Manfaat Kegel Bagi Wanita Persalinan dan Pasca Persalinan

kegel bagi wanita
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh wanita yang rutin melakukan senam kegel pada masa kehamilan:
  • Dengan latihan kegel, kita bisa memperkuat daerah perineum dimana daerah ini akan sangat sakit pada bulan terakhir masa hamil.
  • Latihan kegel memperkuat otot dasar panggul sehingga mempermudah proses persalinan biasa.
  • Latihan ini mengurangi resiko wasir yang disebabkan oleh sembelit selama masa kehamilan atau pasca melahirkan.
  • Memperkuat kembali otot-otot daerah kewanitaan yang melemah dikarenakan proses persalinan. Jadi boleh dibilang cara merapatkan vagina yang sudah terbukti khasiatnya.
Semoga artikel informasi senam kegel membantu –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger