Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Setelah melalui ribuan kilometer, tentunya selain mengistirahatkan fisik karena kelelahan, kita juga harus merawat mesin kendaraan agar tetap prima ketika kembali digunakan. Tidak jauh berbeda dengan manusia, mesin pun memerlukan perawatan setelah bekerja keras. Beberapa komponen mungkin perlu diperbaiki atau bahkan diganti, seperti suspensi, rem, kopling, oli, dan juga ban. Salah satu komponen yang jarang diperhatikan adalah oli. Oli motor seringnya hanya dipandang sebagai alat pelumas untuk menghindari gesekan antar komponen mesin saja. Namun, sebenarnya oli motor adalah bahan penting untuk menjaga ketahanan sepeda motor Anda.
mengecek sepeda motor

Memilih oli motor terbaik merupakan langkah tepat untuk merawat mesin sepeda motor Anda. Ketika menempuh perjalanan ribuan kilometer, maka Anda harus mengecek kembali kondisi oli Anda apakah masih bisa digunakan atau tidak. Ini penting karena oli berfungsi juga untuk menjaga sirkulasi udara pada mesin dan menstabilkan temperatur mesin. Cara mengeceknya adalah dengan menyentuh bagian komponen yang dilumasi oli. Jika oli terasa pekat dan permukaannya terasa kasar, maka itu adalah satu tanda jika oli sudah sepatutnya diganti.

Kedua, cek klep. Bersihkan bagian klep karena biasanya kotoran akan menumpuk di tempat itu dan bisa menyebabkan mesin mati di tengah jalan alias mogok. Anda tentunya tidak ingin mengalami mesin mati ketika sedang mengendarai kendaraan bukan? Rajin-rajinlah periksa bagian motor yang bersentuhan langsung dengan jalanan karena cenderung menjadi tempat menempelnya debu-debu dan kotoran.

Ketiga, lihat komponen-komponen motor yang cenderung melakukan pekerjaan berat seperti suspensi, rantai, gir, dan juga rem. Terakhir, cek kedua ban di sepeda motor Anda. Meski sederhana, komponen itu tentunya sangat penting bagi kelancaran penggunaan motor. Periksalah permukaan ban, cek apakah ada bagian yang sobek, menggembung, atau mungkin sudah tipis (botak)? Tentunya sangat berbahaya jika ban motor Anda sudah tipis karena bisa menyebabkan kecelakaan atau slip. Segeralah pergi ke bengkel untuk mengganti atau memperbaikinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ketahanan agar mesin kendaraan Anda tetap prima setelah melakukan perjalanan jauh. Semoga bisa membantu.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger