Menjenguk Kawasan Konservasi Pari Manta di Indonesia

pari
Pernahkah anda memikirkan darimana asal bahan pembuat produk perawatan kulit wajah atau kosmetik yang anda miliki di rumah? Ternyata, terdapat rumor bahwa kosmetik yang biasa kita pakai ternyata menggunakan insang ikan pari manta sebagai bahan dasar. Indonesia merupakan kawasan yang penting untung melindungi bermacam jenis ikan. Nah, salah satunya adalah ikan pari manta ini. Kita memang sering mendengar sebutan ikan pari, tetapi jenis pari manta mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Ikan ini merupakan jenis ikan yang eksotis, berukuran besar, namun tidak berbahaya bagi manusia.  Jika anda mengunjungi Seaworld, mungkin anda akan menemukan satu atau dua ekor ikan yang bergerak seperti sedang terbang ini. Sayangnya, jenis ikan ini sedang mengalami penurunan jumlah yang cukup serius dan hampir terancam punah. Selain digunakan untuk bahan kosmetik, insang pari manta ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Tentu saja para pemburu semakin gencar mencari hewan istimewa ini.

pari
Habitat pari manta terletak di daerah tropis dan sub-tropis terutama di perairan yang sering terjadi up-welling. Up-welling merupakan arus yang membawa massa air dingin dari laut dalam menuju permukaan laut dan arus ini biasanya juga membawa sumber makanan untuk pari manta. Beruntung sekali banyak perairan di Indonesia yang sering mengalami up-welling sehingga perairan Indonesia menjadi habitat yang cukup subur untuk keberlangsungan hidup pari manta. Bagi anda yang sudah hobi melakukan olahrag air seperti snorkeling atau diving pasti peduli akan keanekaragaman hayati di Indonesia, dan tentunya akan tertarik untuk melihat kondisi pari manta di kawasan konservasi berikut ini.
  • Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida (Bali)
  • Perairan P. Komodo
  • Perairan Raja Ampat, Papua Barat
  • Perairan Berau, Kalimantan Utara
Berenang dan melihat langsung pari manta tentunya akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup. Anda tidak perlu takut karena walaupun ukurannya yang besar, pari manta justru cenderung jinak dan seringkali tidak terganggu dengan kehadiran penyelam yang berada di sekitarnya. Tunggu apalagi, ayo jenguk kawasan konservasi diatas dan bantu selamatkan ikan pari manta! (Rima)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger