Tips Menjaga Alat Teknik Rumah bebas karat

belajar berkebun
Memiliki peralatan pertukangan atau alat berkebun di rumah bisa dibilang wajib hukumnya, terutama buat Anda yang hobi mengutak-atik perabotan rumah atau hobi berkebun. Nah, agar peralatan tersebut bisa bertahan lama dan selalu tampak baru seperti saat Anda membelinya dari toko perkakas, Anda harus tahu cara penyimpanannya yang tepat. Berikut beberapa tips dalam menyimpan peralatan atau perkakas Anda agar terhindar dari karat dan tetap awet.

Simpan di tempat yang kering

Sadar atau tidak, gudang atau garasi, lainnya sebenarnya bukan tempat yang ideal untuk menyimpan perkakas Anda. Itu karena kedua tempat tadi biasanya memiliki temperatur yang lembab yang dapat membuat perkakas Anda cepat berkarat. Untuk mengatasinya pastikan Anda tidak menyimpannya begitu saja di tempat terbuka. Anda bisa membeli kotak perkakas yang mampu melindungi perkakas Anda dari udara lembab dan menjaganya tetap kering.

Gantung peralatan berkebun Anda

Meskipun Anda menaruh peralatan berkebun Anda di dalam garasi atau gudang, sebaiknya gantunglah peralatan tersebut. Jangan menaruh peralatan berkebun di lantai atau bersender begitu saja pada dinding atau pintu. Hal ini karena kelembaban dapat dengan mudah merambah melalui lantai gudang yang dapat menyebabkan karat pada peralatan tersebut.

Menyimpan Power tools

Pastikan Anda menyimpan power tools Anda di kotak penyimpanan asli yang didapatkan ketika membeli peralatan tersebut. Tidak hanya dapat melindungi dari kelembaban, kotak ini juga dapat melindungi power tools dari bahaya jatuh dan lain sebagainya. Dengan harga power tools yang tidak murah, tentu Anda ingin agar alat tersebut tetap terjaga bukan?

Gunakan silica gel

Anda pasti pernah melihat silica gel atau jeli silika yang biasanya disertakan pada saat Anda membeli barang seperti sepatu dan sebagainya. Nah, gel tersebut juga dijual secara bebas dalam bentuk paketan/bungkusan yang bisa berguna untuk membantu Anda menjaga perkakas tetap kering. Caranya mudah, cukup simpan taruh saja bungkusan berisi silica gel di dalam kotak penyimpanan perkakas.

Selalu bersihkan perkakas sehabis digunakan

Memang kadang rasanya badan sudah lelah setelah berkegiatan dengan menggunakan perkakas, entah itu berkebun atau membetulkan perabotan rumah Anda. Namun, jangan sampai Anda kemudian menyimpan perkakas begitu saja tanpa membersihkannya terlebih dulu. Waktu sebentar yang Anda luangkan untuk membersihkan perkakas ini bisa menghemat biaya Anda membetulkan atau membeli perkakas baru. Agar lebih mudah dalam membersihkan, siapkanlah semua yang diperlukan sebelum Anda mulai berkegiatan, serta jangan lupa membaca pentunjuk pembersihan yang benar.

Selalu cek perkakas setiap kali menggunakan

Membiasakan untuk memeriksa keadaan perkakas sebelum digunakan bisa membantu Anda mendeteksi kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi. Misalnya saja pegangan alat yang mulai kendur atau power tools yang mulai sulit untuk dihidupkan.

Menjaga perkakas Anda tetap awet seperti baru dibeli dari toko perkakas, memang bukan hal yang mudah. Namun bila dilakukan Anda bisa menghemat lebih banyak uang dibandingkan dengan membeli baru atau memperbaikinya. Semoga membantu. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger