Yakin 2019 Kesehatan Warga Terjamin

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia Agung Laksono mengatakan bahwa program pemerataan kepemilikan asuransi kesehatan untuk warga Indonesia akan dilaksanakan secara bertahap. Program ini akan dilaksanakan pada tahun 2014 dan direncanakan akan dijalankan kurang lebih selama 5 tahun (tahun 2019). Bila program ini berjalan lancar, pada tahun 2019 seluruh warga negara Indonesia akan memiliki asuransi kesehatan seperti yang telah terterah di UU 2004 Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Dalam konferensi pers setelaj pertemuan koordinasi BPJS (Badan  Penyelenggara Jaminan Social) dinyatakan bahwa orang mampu dan kaya akan membayar premi asuransinya sendiri atau ditanggung oleh bos mereka. Pemerintah akan menanggung premi asuransi kesehatan untuk keluarga miskin atau berpenghasilan rendah yang tidak mampu membayar premi.

Agung mengatakan bahwa dalam pertemuan ini juga membahas berapa biaya premi asuransi premium yang akan mempengaruhi berapa banyak yang harus dikeluarkan pemerintah untuk menyelesaikan program ini. Setidaknya, pemerintah akan mengalokasikan anggar sebesar Rp 25,68 triliun untuk membayar premi dari 96,6 juta orang yang memang memenuhi syarat untuk mengikuti program ini.

Program Asuransi Kesehatan Dimulai Tahun 2014
Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya kenapa program asuransi ini dimulai pada tahun 2014 bukannya tahun 2013? Hal ini dilakukan pada tahun 2014 karena mau menunggu perencanaan yang matang. Masalah asuransi ini masalah dalam menjalankan universal coverage bukan hanya pada kemampuan pembiayaan saja tetapi juga adanya persiapan dalam sektor suplai chain, rumah sakit, dokter dan cara penerapannya. Program yang tidak matang hanya akan jalan setengah-setengah dan akhirnya gagal. Jadi lebih baik program dan rencana matang dulu baru dijalankan.

Program Pendukung Asuransi Kesehatan
Selain menjalankan program asuransi ini, beberapa program dibuat untuk mendukung keberhasilannya. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi bahwa program kesehatan akan didukung dengan 2 program lainnya yaitu:

  • Pemerintah sudah menetapkan program perawatan kuratif untuk penyakit kronis seperti penyakit kanker dan gagal jantung.
  • Ada juga program pencegahan penyakit dimana aka nada penyuluhan gaya hidup sehat. Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat dapat belajar dan menerapkan hidup yang sehat.
Sumber artikel ini adalah Jakarta Post dan Kompas. Semoga artikel Yakin 2019 Kesehatan Warga Terjamin ini membantu. Mari kita berkerja sama dengan negara untuk membangun bangsa dan negara yang lebih baik lagi. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger