Alat Pemeriksaan Kuman Baru

Alat kesehatan Vitek 2 Compact  dan Vitek Mass Spectrophotometry merupakan alat baru untuk mengidentifikasi jenis kuman dan menguji kepekaannya terhadap sebuah antibiotik lebih cepat. Dulunya, pemeriksaan jenis kuman serta pengujian kepekaan kuman terhadap antibioitik membutuhkan waktu dari tiga hingga lima hari. Waktu yang bisa dibilang cukup lama karena pada masa yang cepat ini, semua hal dituntut cepat. Nah, bayangkan saja bila seorang pasien sedang sakit parah dan pengujian jenis kumannya membutuhkan waktu yang lama hanya akan berakibat pada
  • Proses penanganan terhambat dan tertunda untuk beberapa waktu
  • Waktu rawat pasien semakin panjang
  • Biaya pengobatan yang semakin besar karena waktu menginap diperpanjang
  • Akibat paling parahnya adalah pasien meninggal karena penanganan yang sangat telat

Apa bisa sampai membuat orang meninggal hanya karena waktu pengujiannya lama? Ya, infeksi yang disebabkan oleh bakteri, kuman, jamur dan virus bisa sangat mematikan ketika infeksi tersebut sudah mencapai tahap sepsis dimana racun sudah menyebar dalam darah.

alat kesehatan
Menurut Frans J Pngalila selaku Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara mengatakan bahwa setidaknya ada 6 juta orang yang meninggal dikarenakan sepsis setiap tahunnya.Salah satu laporan yang dilansir dari Global Sepsis Alliance memperlihatkan bahwa setiap 2 – 3 menit, setidaknya ada satu orang yang meninggal dikarenakan sepsis.

Menurut Frans J Pngalila, sepsis dapat terjadi karena adanya penggunaan antibiotik yang tidak tepat tepat dan dosis yang salah. Oleh karena itu pemberian antibiotik harus diawali dengan uji laboratorium untuk menentukan jenis kumannya sehingga antibiotik yang diberikan tepat dan dosisnya pas.

Melihat berbagai dampak negatif yang ditimbulkan lamanya waktu yang dibutuhkan pihak rumah sakit dalam melakukan pengujian kuman membuat berbagai ahli berusaha menciptakan alat kesehatan yang lebih cepat dan akurat dalam mengidentifikasi kuman dan pengujian ketahan kuman terhadap antibiotik. Dari proses yang panjang terciptalah:
  • Vitek 2 Compact dapat menyelesaikan tugasnya dalam waktu 4 jam
  • Vitek Mass Spectrophotometry mampu melakukannya hanya dalam waktu 2 menit

Walapun alat – alat kesehatan tersebut dapat dengan cepat memberikan hasil namun dihitung waktu pengambulan sampel darah, urine serta tinja dan pengelolahannya; bisa dibilang total waktu yang diperlukan adakah 2 hari. Kenapa tetap lama? Hal ini dikarenakan kuman yang diambil dari sample harus dikembangbiakan terlebih dahulu. Para dokter harus menunggu hingga kuman berkembangbiak dan membentuk sebuah koloni yang cukup untuk dijadikan bahan pengujian.

Fungsi alat kesehatan ini penting karena selain bisa mengecek jenis kuman, mereka juga bisa mendeteksi kepekaan kuman terhadapat antibiotik. Banyak kuman yang memiliki tingkat resistensi yang tinggi terhadap antibiotik. Hal ini terjadi karena pemberian antibiotik yang sembarangan dan zat kimia yang banyak tersebar di sekitar kita. Agar resistensi antibiotic tidak terjadi, tenaga kesehatan diharapkan untuk tidak mudah memberikan antibiotik karena beberapa kuman dan virus bisa mati sendiri tanpa perlu obat karena tubuh memiliki sistem pertahanannya sendiri.
Sumber utama artikel ini adalah Kompas kesehatan.
Jangan membiasakan diri dikit – dikit mengkonsumsi Antibiotik –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger