Manfaat Air Panas atau Hangat


Di negara Indonesia, air panas identik dengan air hangat. Air hangat ini ternyata memiliki berbagai efek positif bagi tubuh entah itu digunakan untuk mandi ataupun untuk minum. Yang pastinya manfaat dari air hangat sangat banyak.

Apa aja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat dari air hangat
Mandi Air hangat
Mandi air hangat atau air panas memiliki manfaat seperti:
manfaat air panas
  • Membuat tubuh relax terutama setelah perjalanan, pekerjaan dan kegiatan yang menyedot sebuh tubuh serta membebani pikiran.
  • Meringankan sakit yang dirasakan oleh tubuh seperti nyeri sendi, pinggul sakit, punggung sakit dan lainnya. Biasanya ibu – ibu hamil yang sudah di atas bulan 6, berendam di air hangat agar menghilangkan sakit yang dirasakan di punggung, pinggang dan kaki. Cek lagi ke dokter sebelum melakukannya karena beberapa kasus kehamilan membuat calon ibu tidak cocok berendam di air hangat.
  • Membantu tubuh kembali ke temperature normal setelah berada di tempat yang dingin. Ini paling banyak dilakukan oleh orang – orang yang baru berenang, terjebak di gunung salju atau badai salju, jatuh ke kolam es atau terlalu lama di ruang berac dengan suhu yang sangat rendah.
  • Membantu para penderita insomnia. Banyak yang bilang bahwa satu sampai dua jam sebelum tidur para penderita lebih baik berendam beberapa menit di bathtub air hangat. Kegiatan ini akan mendorong sang penderita untuk tidur.

Minum Air hangat
Dengan minum air hangat dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh:
  • Membersihkan toxin dari dalam tubuh terutama saat minumnya di saat baru bangun pagi. Agar berasa airnya, bisa ditambahkan madu atau air perasan lemon. Cara ini akan membersihkan perut dan menyiapkan perut untuk menerima makanan.
  • Air panas dengan perasan lemon bisa membantu kegiatan diet. Disarankan untuk pengkonsumsiannya adalah setelah makan. Lemon dapat membantu mengontrol keinginan untuk makan sehingga sangat ideal untuk diet. Dengan ditambah air hangat, air lemon yang asem dan keras akan lebih melunak dan tidak akan melukai lambung.
  • Dapat meringankan sakit tenggorokan, bantuk dan amandel.
  • Air panas / hangat yang dikonsumsi dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan membuang racun dari tubuh.

Sampai di sini dulu artikel kesehatan mengenai manfaat air hangat bagi kita. Hanya dengan konsumsi air hangat di pagi hari dan berendam ketika badan sakit, kita akan mendapatkan berbagai manfaatnya. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger