Garam Membuat Perut Buncit


Mau mengecilkan perut buncit? Salah satu cara yang sangat disarankan adalah mengurangi konsumsi garam terutama garam natrium. Garam memang terkenal sebagai salah satu bumbu masak yang selalu digunakan setiap harinya. Berbeda dengan micin, garam bisa ditemukan hampir di seluruh masakan dunia jadi tidak heran bila konsumsi garam lebih banyak daripada micin.

Garam yang merupakan bumbu masak bagi makanan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Sebenarnya tidak ada batas minimum dan maksimal takaran yang diperbolehkan dikonsumsi. Masalahnya adalah pengkonsumsian garam yang terlalu banyak bisa menyebabkan rasa haus kemudian lambat laun akan menjadi pemicu penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Garam natrium memiliki sifat dapat menyerap cairan. Ketika dia masuk ke dalam tubuh, dia akan menyerap cairan dari tubuh sehingga kita mudah haus. Cairan yang terserap oleh garam akan menumpuk  di pembuluh darah sehingga terjadilah peningkatan volume. Adanya peningkatkan volume berarti otomatis tekanan tinggi. Selain dipembuluh darah, penumpukan cairan bisa dijuga terjadi pada jaringan otot sehingga menambah berat otot. Parahnya lagi, biasanya pengkonsumsian banyak garam dapat membuat ginjal menyerap kembali cairan yang seharusnya dibuang sebagai urin.

Selain karena sifat asli sendiri, kita kebanyakan mengkonsumsi garam pada saat kita makan makanan berkalori tinggi seperti kentang goreng, ayam goreng, saus pasta dan teriyaki. Nah, makanan berkalori tinggi ini memang sudah dikenal sebagai makan pemicu kegemukan. Jadi bila ingin kurus, disarankan untuk mengurangi konsumsi garam.

Walaupun kita ingi mengecilkan perut buncit, garam sebenarnya tidak bisa dihilangkan karena selain pemberi rasa bagi makanan dan buah, garam juga bermanfaat dalam membersihkan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi tidak disarankan untuk menghilangkannya tetaoi dikurangi konsumsinya agar tubuh kita tetap mendapatkan manfaat dari garam.

Selain mengurangi konsumsi garam, cara mengecilkan perut buncit adalah
  • Kurangi konsumsi gorengan terutama gorengan dengan minyak yang digunakan berulang –ulang
  • Olahraga sederhana seperti berlari, sepeda, berenang dan kardio
  • Kurangi konsumsi nasi dan ganti porsinya dengan sayur dan buah
  • Konsumsi air putih lebih banyak
  • Jangan langsung tidur setelah makan

Mengecilkan perut tidak harus menderita –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger