Atasi Nyeri Pada Sendi Setelah Olahraga

Saat tubuh yang sudah tidak lama berolahraga , tiba-tiba diolahragakan atau mengankat barang – barang yang berat akan membuat jaringan sendi dan otot kita berteriak kesakitan pada esok harinya. Nyeri sendi dan otot tentu sangat tidak menyenangkan dan menganggu. Nyeri sekujur tubuh tentu membuat tubuh kita menjadi susah digerakan dan melakukan aktifitas seperti biasa. Perasaan nyeri ini dikarenakan sendi dan otot yang biasanya bekerja santai tiba-tiba disuruh bekerja sangat extra keras.

Kita bisa mengurangi seragan nyeri ini dengan 3 cara yaitu
nyeri sendi
Latihan Pertahap dari Ringan hingga Berat
Lakukan latihan dan aktifitas mengankat barang berat secara bertahap. Jangan langsung melakukan latihan dan angkat yang berat, Ingat tubuh kita memiliki batas dan bisa merasa capek. Mulailah dengan yang ringan untuk beberapa hari baru kemudian tingkatkan porsinya sedikit demi sedikit agar tubuh terbiasa.

Pemanasan Sebelum Olahraga atau Aktifitas Berat
Pemanasan adalah sebuah persiapan yang sangat dibutuhkan untuk memastikan oksigen dan tubuh memang siap melakukan aktifitas berikutnya. Pemanasan membantu meminimalis cidera yang dapat terjadi selama olahraga dan memastikan otot tidak akan kaget dengan aktifitas yang akan dilakukan selanjutnya.

Konsumsi Makanan yang Tepat
Konsumsi makanan yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan mengurangi / meminimalis sakit yang disebabkan oleh olahraga dan angkat barang berat. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah
  • Gandum dalam bentuk sereal, kue dan gandum utuh sangat baik untuk tubuh. Serat yang banyak dan kandungan mineral serta vitamin yang tinggi membuatnya menjadi sarapan favorit para pencinta kesehatan. Santapan ini bisa dikonsumsi setelah olahraga karena kandungan karbohidratnya dapat membantu menghilangkan lelah dan letih. Karbohidrat pada gandum bisa mengembalikan pasokan glikogen yang biasanya berkurang pada saat kita berolahraga dan beraktifitas.
  • Keluarga kacang seperti kedelai, tanah, almond dan lainnya mengandung vitamin E yang tinggi dan dapat mengembalikan tenaga otot yang kelelahan dan melawan nyeri pada sendi dan otot. Selain itu, protein dan lemak baiknya yang sangat tinggi membantu tubuh tetap sehat. Cemilan dan bahan makanan yang bagus.
  • Keluarga buah beri merupakan buah yang terkenal dengan kandungan antioksidan polifenol yang tinggi. Antioksidan polifenol memiliki fungsi untu melindungi sel – sel tubuh yang cedera serta mengurangi rasa nyeri pada persendian dan otot. Semakin gelap warna buah beri semakin banyak kandungan antioksidan polifenol.
Cara mana yang kamu pilih? Disarankan menggunakan tiga-tiganya agar bisa mengatasi rasa nyeri sendi dan otot setelah olaharaga dan beraktifitas berat. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger