Kemacetan Server Data Center

Untuk perusahaan yang membutuhkan tempat penyimpanan data yang banyak tentu perlu sebuah data center khusus. Amazon dan Facebook pun memiliki data center yang dapat memproses data dengan sangat cepat. Namun demikian mereka tidak selalu bisa memproses data dengan cepat bila tiba-tiba ada letusan aktivitas di server. Banyaknya aktifitas di server bisa menyebabkan kemacetan pentransferan data.

Solusi Menangani Kemacetan Data Center

kemacetan data center
Kemacetan – kemacetan ini tentu sangat menganggu baik untuk pengguna dan pemilik usaha. Oleh sebab itu, para peneliti berusaha mencari jalan keluar dari kemacetan ini. Mereka mencoba menciptakan sebuah “shortcut” yang tidak membutuhkan pemasangan sistem baru dengan dana gede. Mereka mencoba menggunakan link wireless yang dipasang di atas rak server. Link wireless ini berguna untuk memasok brandwidth tambahan ketika sedang adanya kenaikan aktivitas di server secara tiba-tiba. Dengan adanya pemasokan baranwidth, diharapkan kemacetan bisa berkurang atau tidak terjadi sama sekali.

Menurut Victor Bahl, Direktur Mobile Computing Research Center di Mucrisift Reserch di Redmond pada awalnya para peneliti di lapangan serta administrator data center skeptic ide penerapan teknologi wireless di dalam pusat data bisa di terima karena persyaratan yang ketat dan kendala keamanan. Dan mereka tidak tahu apakah ide ini memang bisa menjadi solusi atau malah membawa malapetaka. Akhirnya kelompoknya mulai memasang link wireless yang dibutuhkan agar ide mereka bisa terealisasi sejak 3 tahun lalu. Lingkungan dalam data center dapat diprediksi, suhu bisa dikontrol dan jarang ada orang dan peralatan yang lalu larang sehingga tidak banyal hal yang bisa menganggu jaringan wireless – sepertinya ide ini sangat menarik untuk dicoba begitulah pemikiran tim Microsoft.

Sistem sinyal wireless yang digunakan dalam percobaan ini tentu tidak sama dengan Wi-Fi yang digunakan di warung-waring kopi, café dan tempat nongkrong lainnya. Wireless yang mereka gunakan dapat membawa multigigabits data per detik antara rak. Tipe sinyal wireless yang digunakan adalah tipe menyebar sehingga semua orang di dalam ruangan dapat membuka komputer mereka dan browsing di saat yang bersamaan.
Dari percobaan ini, tentu bisa dibilang resiko yang diambil tim Microsoft menunjukan hasil yang baik. Bila hingga akhir percobaan, hasilnya bagus berarti kemacetan data center sudah bisa diatasi. Namun masih banyak yang meragukan soal keamanannya, harus ada penelitian jauh untuk memastikan penggunaan wireless memang aman. Perlu diingat bahwa ciri sebuah pusat data yang baik adalah aman. 

Berita ini langsung dilansir dari Times New York. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger