Sehat Dengan Menata Isi Lemari Es

Dengan menata lemari es secara tetap, sebenarnya kita membantu diri kita untuk hidup lebih sehat. Sehat dengan menata isi kulkas? Yap, dengan cara pengaturan posisi makanan dan minuman; kita tidak hanya memastikan bahwa isi kulkas terlihat rapi tetapi juga membantu kita sukses menjalani program diet sehat yang sudah direncanakan.

Tips Menata Lemari Es Agar Rapi

Berikut ini beberapa tipsnya:
lemari es
  • Beberapa bumbu-bumbu dapur  kantong plastik masing-masing dimasukan ke dalam satu toples dan diletakan di rak pintu kulkas, tentu akan lebih rapi bila dimasukan ke dalam satu tempat daripada berserakan. Selain itu dengan menyimpannya di sebuah toples atau kontainer memudahkan kita mencari bumbu dapur yang kita perlukan.
  • Letakan barang yang tinggi dan besar di belakang agar tidak menutupi barang lain yang ada di dalam kulkas. Dengan adanya barang yang menghalangi, membuat kita membuang setidaknya 1 menit untuk menyingkirkannya dan mencari barang yang kita perlukan.
  • Untuk beberapa produk makanan seperti,  permen dan kue, kita bisa menggunakan kontainer berbentuk kotak agar mudah disusun. Sedangkan untuk kecap isi ulang, kita bisa mencari kontainer khusus untuk cairan (biasanya berbentuk botol plastik).
  • Agar tidak lupa, setiap kontainer dibeli label nama barang, tgl pembelia dan, tgl kadarluasa. Label harus mengarah kedepan agar memudahkan kita saat mencarinya atau saat mau memindahkan barang.
  • Untuk rak – rak yang sejajar dengan penglihatan / rak bagian atas (bukan rak pintu), isilah dengan makanan-makanan berserat yang sehat seperti buah, sayur dan cemilan sehat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Cornell University, dengan meletakan makanan sehat pad arak bagian atas membuat kita 2,7 kali lebih mau mengkonsumsi makanan sehat.
  • Untuk cemilan-cemilan sisa, lebih baik satukan dalam 1 kontainer. Tentu setiap cemilan tersebut harus memiliki kemasan masing-masing agar tidak tercampur ketika kita meletakannya dalam 1 kontainer. Selain lebih rapi, kita tidak akan terdorong untuk terus ngemil terutama untuk cemilan tidak sehat.
  • Jangan membeli persediaan makanan untuk 1 minggu. Lebih baik bagi 1 minggu menjadi 2 kali belanja bahan makanan. Agar memastikan bahan makanan kita tetap segar dan agar kita tidak memenuhi lemari es.
  • Bersihkan kulkas sebulan atau 2 bulan sekali agar barang-barang yang sudah kadarluasa bisa dibuang langsung sehingga tidak mengotori kulkas dan menjaga agar ada ruang kosong di kulkas untuk barang lainnya.
  • Untuk minuman berbotol tinggi seperti sirup, susu atau lain, lebih baik disusun di rak pintu bagian bawah.
  • Untuk rak bagian bahwa yang biasanya difungsikan sebagai tempat buah dan sayur dimulti fungsikan untuk sebagai tempat menaruh bahan makanan yang kering seperti jamur kering atau makanan dalam bungkus besar.
Semoga tips menyusun lemari es ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger