Mencegah Atap Bocor Pada Rumah

Atap bocor saat hujan bisa jadi sangat menyebalkan terutama ketika hal ini terjadi pada saat malam hari ketika seharusnya kita bisa tidur nyenyak tanpa diganggu oleh masalah ini. Kebocoran pada atap rumah sering terjadi dan dialami oleh banyak orang jadi tidak heran bila banyak orang yang berusaha mencari cara mencegah atap bocor. Ciri awal atap akan bocor adalah rembesan. Dari rembesan kecil menjadi besar dan akhirnya kebocoran terjadi.

Cara Mencegah Atap Bocor

Berikut ini tips cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atap bocor pada rumah :

Atap Rumah

mencegah atap bocor
Ketahui dulu jenis atap yang digunakan untuk rumah kita. Untuk atap rumah yang menggunakan seng, genteng, sirap atau rumbia, kita perlu memastikan bahwa atap jenis ini memiliki kemiringan 30 – 40 derajat. Hal ini untuk memastikan air dapat dengan mudah mengalir turun dan tidak tersimpan terlalu lama di atap.

Sedangkan untuk atap rumah yang terbuat dari semen atau beton rata maka sistem kemiringan ini biasanya tidak berlaku. Hal ini bisa dilihat dari ruko. Daripada membuat kemiringan, untuk atap seperti ini, pastikan ada lubang pembuangan airnya sehingga air tidak terlalu lama tersimpan di atap. Untuk jumlah lubang pembuangan airnya, setidaknya sediahkanlah 4 pada masing-masing sudut.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sambungan

Sambungan atap yang terlalu banyak bisa menjadi salah satu pemicu penyebab kebocoran atap rumah. Semakin banyak sambungan, semakin besar kemungkinan kebocoran akan terjadi, apalagi sambungan atap tersebut tidak dipasang dengan baik. Pastikan kita berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan jumlah sambungan dan gimana cara pemasangan yang baik.

Lengkapi dengan Talangan

Lekapi setiap sisi atap dengan talang agar air yang mengalir dari atap tidak mengenai dinding namun diarahkan langsung ke pipa pembuangan oleh talang. Dan pastikan talang tidah dipenuhi oleh sampah agar aliran air tidak terganggu. Jangan lupa pastikan juga talang tidak pecah. Sangat disarankan memilih talang yang kuat dan sesuai dengan atap.

Gunakan Waterproof

Gunakan cat pelapis anti bocor / waterproof pada area – area atap yang rentang bocor. Area yang perlu difokusin adalah area pertemuan genteng dengan genteng atau dinding atau sambungan. Untuk amannya, Anda bisa melapisi seluruh lapisan atap terutama jika kita menggunakan atap jenis beton.

Sangat disarankan untuk melakukan pelapisan beberapa kali. Lapisan pertama berupa waterproof yang diencerkan dengan sedikit air agar lebih menyatuh dengan permukaan. Lapis ke-2 adalah cat pelapis anti bocor murni. Untuk pengecetannya gunakan Pastikan semua permukaan terlapisi dengan baik.

Semogar artikel info mencegah atap bocor ini membantu. Lebih baik mencegah daripada bocor duluan. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger