Cara Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Rumah bocor menjadi sangat mengganggu, apalagi kebocoran terjadi pada bagian atap. Kebocoran ini sungguh menjengkelkan karena pekerjaan Anda semakin bertambah. Pada saat hujan, Anda perlu memindahkan barang agar barang tidak rusak karena tetesan air, mengambil ember atau baskom agar bisa menampung tetesan air dan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda memerlukan cat pelapis anti bocor.

Tips Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Untuk mengaplikasikan cat pelapis anti bocor untuk mengatasi kebocoran, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

Langkah Pertama
cat pelapis anti bocor buat rumah
  • Persiapakan alat yang dibutuhkan seperti: sekaleng cat pelapis anti bocor, kuas / roller cat, sapu, spon, sabun dan kain kering.
  • Bersihkan permukaan yang akan dilapisi dengan cat dari debu, lumut, kotoran atau bekas cat lainnya. Pastikan permukaan benar-benar bersih. Kenapa perlu membersihkan permukaan yang akan dicat? Hal ini dilakukan agar cat pelapis bisa terserap / merekat dengan baik dan langsung.
  • Pastikan saat Anda akan mengecat, hari cerah dan tidak akan turun hujan.

Langkah ke-2
Buka kaleng cat ketika permukaan sudah dibersihkan dan siap diolesi cat.
  • Aduk isi kaleng cat untuk memastikan tidak ada endapan. Anda bisa menuangkan cat ke tempat khusus cat sehingga Anda bisa menutup kaleng atau Anda bisa langsung mencelupkan kuas ke dalam kaleng.
  • Celupkan kuas / roller cat ke cat pelapis lalu kuaskan ke permukaan yang telah kita bersihkan.
  • Jangan hanya mengaplikasikan cat sekali tapi kuaskan cat beberapa kali untuk memastikan semua pori-pori dinding tertutup.

Langkah ke-3
  • Biarkan cat kering dengan bantuan sinar matahari.
  • Bila merasa belum puas, Anda bisa melakukan langkah 2 (melapisi permukaan kembali dengan cat pelapis anti bocor)

Di atas merupakan cara mengatasi kebocoran. Bila rumah Anda belum bocor, Anda harus melakukan pencegahan. Kiat pencegahan agar atap tidak mudah bocor:

Kemiringan atap yang kurang dari 27 Derajat
Atap yang memiliki kemiringan di bawah 27 derajat akan mudah bocor karena air hujan akan berada di atap dalam kurung waktu yang lama. Air yang tersimpan di atas akan berusaha turun dengan mencari celah-celah kecil pada atap. Proses berulang ini akan menyebabkan celah-celah kecil semakin membesar dan merusak struktur atap. Jadi disarankan mendesain atap dengan minimal kemiringan 27 derajat atatu lebih.

Pemasangan genteng kurang baik
Pemasangan yang kurang teliti dan rapat ternyata bisa memicu munculnya celah-celah kecil antara genteng. Celah kecil tersebut akan menjadi jalan masuk air. Pastikan genteng rumah terpasang dengan baik.


Semoga tips diatas mampu membantu mengatasi dan mencegah kebocoran pada rumah Anda.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger