Membatasi Tontonan Anak

membatasi tontonan anak
Tegal merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah.  Dulu kota Tegal merupakan ibukota Kabupaten Tegal. Namun untuk saat ini, ibukota Kabupaten ini sudah dipindahkan ke kota Slawi. Dulu Slawi hanyalah salah satu kota kecaman namun sekarang sudah dikembangkan menjadi sebuah ibukota kabupaten.

Kabupaten ini bisa dibilang masih dalam proses perkembangan. Dalam proses ini tentu tidak heran bila semakin banyak orang yang mulai memiliki TV. Masalahnya adalah sekarang semakin banyak siaran yang tidak mendidik. Siaran yang tidak mendidik ini tentukan akan mempengaruhi perkembangkan pola pikir anak. Ketika masih kecil, anak sangat mudah mengingat akan sesuatu hal. Dan pada masa itu, anak akan meniru karena penasaran. Tentu saja orang tua semakin was-was untuk memberikan kebebasan dalam menonton bagi anak terutama saat orang tua tidak bisa mengawasi.

Gimana Cara Membatasi Tontonan Anak?

Untuk siaran tv biasa (Bukan TV Kabel) agak susah. Cara satu-satunya adalah orang tua harus mengawasi saat anak menonton untuk memastikan siaran yang ditonton memang sesuai dengan umur anak.

Cara lain? Menggunakan layanan tv kabel tegal. Sekarang semakin banyak layanan tv kabel tegal yang ditawarkan. Beberapa layanan tv kabel sudah mengerti bahwa membatasi tontonan anak merupakan masalah yang sedang dihadapi oleh para orang tua era ini. Untuk kekhawatiran orang tua ini, berbagai layanan tv kabel sudah menambahkan fitur Parental Lock.

Fitur Parental Lock TV Kabel

Seperti namanya Parental Lock adalah fitur mengunci channel / siaran sehingga hanya bisa diakses oleh orang yang memiliki passwordnya. Gimana cara mengaktifkan fitur ini? Setiap tv kabel memiliki cara yang berbeda-beda, namun para penguna tv kabel bisa coba cara ini dulu
  • Nyalahkan decoder, dan masuk ke dalam MENU
  • Di MENU, pilih SYSTEM SETTING lalu tekan enter
  • Pada saat masuk ke dalam SYSTEM SETTING, biasanya akan dimintai 4 digital password (password ini harus diminta pada customer service)
  • Dalam SYSTEM SETTING, pilihlah fitur CHANGE PIN CODE
  • Setelah password sudah diubah saatnya mengaktifkan PARENTAL CONTROL
  • Pilih PARENTAL CONTROL dan masukan Password baru
  • Pilih siaran yang bermateri dewasa (adult) untuk di kunci dan batas usia penonton
  • Sudah selesai setting-nya, klik EXIT
  • Setelahnya fitur ini akan berjalan dan secara otomatis mengunci siaran adult. Untuk menonton siaran adult, password diperlukan.
Bila tidak berhasil, hubungi customer servicenya untuk menanyakan apakah jasa tv kabel yang digunakan memiliki fitur parental lock? Bila ada, tanyakan gimana cara mengaktifkannya. Cara ini bisa dilakukan tidak hanya pelanggan tv kabel tegal saja tetapi pelanggan dari area lainnya juga.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger