Memotong Biaya Listrik

Biaya kehidupan semakin tinggi saat ini membuat kita harus semakin pintar menyiasatinya. Salah satu cara memotong biaya adalah dengan memotong biaya listrik. Listrik merupakan biaya yang memang secara rutin harus kita bayar. Semakin banyak barang elektronik yang kita gunakan, akan semakin banyak pemakaian listrik dan semakin tinggi biaya yang harus dibayar. Listrik memang penting namun bukan kebutuhan utama seperti makanan dan pakaian, sehingga kita bisa menerapkan beberapa trik untuk melakukan penghematan.

Trik untuk Menghemat Biaya Listrik

hemat listrik
  • Ganti semua lampu di rumah dengan lampu hemat energi.
  • Sebisa mungkin pilihlah barang elektronik seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci, AC dan lain yang ramah lingkungan serta hemat energi. Hal ini diperlukan terutama untuk Kulkas, kenapa? Karena kulkas paling banyak menyerap energi listrik, apalagi dia bekerja 24 jam sehari tanpa berhenti. Sedangkan untuk layar TV dan komputer pilih jenis LCD karena LCD lebih hemat energi daripada jenis layar lainnya.
  • Bagi yang suka menggunakan air hangat daripada memilih memanaskan air dengan kompor mending memilih water heater (pemanas air). Namun tidak semua water heater yang bisa membantu program hemat; pilih yang berenergi solar karena jenis ini hanya membutuhkan tenaga matahari bukan tenaga listrik.
  • Sangat disarankan, rumah kita memiliki banyak jendela agar ketika pagi – sore, cahaya yang digunakan untuk menerangi rumah adalah cahaya alami bukan cahaya lampu. Dengan begitu, kita bisa mematikan lampu dari pagi-sore. Setidaknya selama 8-9 jam kita sudah menghemat penggunaan listrik untuk lampu.
  • Jangan terus menerus menyalahkan TV, dispenser, kipas angin dan ac terus menerus, hanya nyalakan jika digunakan. Bila tidak digunakan, matikan saja daripada dia terus menyedot listrik namun tidak digunakan.
  • Jangan menghidupkan semua barang elektronik dalam saat yang bersamaan. Selain menyedot banyak energi listrik, ini juga bisa menghampat lajur listrik. Hidupkan satu per satu.
  • Anak yang bermain komputer biasanya akan lupa diri sehingga disarankan untuk memberikan batas dan menyediahkan permainan yang tidak berhubungan dengan listrik seperti monopoli dan mainan lainnya. Dan tentunya kita harus menemani mereka agar mereka tidak bosan bermain sendiri.
Semoga artikel informasi penghematan listrik ini membantu.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger