Sejarah Asuransi Dunia

Di zaman ini, asuransi yang kita kenal sudah banyak. Ada asuransi jiwa, kesehatan, mobil, rumah, pendidikan, pensiun dan masih banyak lagi. Pernah bertanya pada diri sendiri atau pada Mbah GOOGLE, gimana asuransi mulai diciptakan dan kapan? Berikut sekilas sejarah asuransi dari beberapa sumber (salah satunya Wikipedia).

Awal Asuransi

sejarah asuransi
Metode asuransi (mentransfer resiko) sebenarnya sudah dilakukan oleh pedagang-pedagang dari Cina sejak 3 SM. Pedagang Cina sering bepergian melewati area berbahaya untuk mendistribusikan barang. Untuk membatasi kerugian yang perlu mereka tanggung, mereka menggunakan metode mentransfer resiko / asuransi. Jadi ada biaya yang mereka bayar di awal perjalanan mereka dimana uang yang sudah terkumpul akan digunakan untuk mengurangi kerugian bila ada barang yang rusak selama perjalanan di laut.

Pada 1 SM, penduduk Rhodes telah menciptakan sistem ‘general average’. Sistem ini memungkinkan kelompok pedagang membayar untuk memastikan barang dagangan mereka akan dimuat dan dikirimkan bersamaan. Premi yang dikumpulkan tersebut akan digunakan untuk mengganti biaya setiap barang yang dibuang selama tranportasi jika ada badai atau masalah lainnya.

Pada abad 14, muncul kontrak asuransi terpisah di Genoa. Kontrak asuransi terpisah ini tidak digabungkan dengan kontrak lain seperti kontrak kredit / pinjaman atau investasi. Kontrak asuransi pertama dari Genoa yang berhasil ditemukan adalah tahun 1347. Ini adalah asuransi maritim pertama yang tidak digabung dengan kontrak lain. Untuk abad berikutnya, asuransi maritim ini terus dikembangkan.

Asuransi Modern

Asuransi Properti Pertama

Asuransi properti mulai dikembangkan sejak adanya kejadian kebakaran besar pada tahun 1666 yang dinamai Great Fire of London, dimana kebakaran ini melahat lebih dari 13.000 rumah. Efek yang tentu membuat perekonomian turun dan para pemilik rumah tidak bisa membangun rumah mereka kembali untuk waktu yang cukup lama.

Masalah yang besar ini telah memicu ‘urgency’ dalam pembuatan sistem asuransi properti. Pada tahun 1681, Nicholas Barbos bersama 11 rekannya akhirnya mendirikan perusahaan asuransi kebakaran pertama di dunia yang diberi nama “Insurance Office for Houses”.

Perusahaan Asuransi Maritim Pertama

Pada akhir abad ke-17, perdagangan di London semakin meningkat dan berkembang sehingga terjadi peningkatan akan permintaan asuransi laut. Pada akhir 1680-an, Edward Lloyd membuka sebuah rumah kopi (Lloyd's Coffee House), yang menjadi tempat pertemuan bagi para pemilik industri perkapalan yag ingin memastikan keamanan kargo dan kapal serta mereka yang bersedia menanggung biaya bila terjadi sesuatu. Inilah awal terbentuknya pasar asuransi maritim dan asuransi yang menyangkut bisnis. Jadi bisa dibilang Lloyd bukan hanya rumah kopi namun perusahaan maritim pertama di dunia.

Asuransi Jiwa Pertama

Sistem asuransi jiwa pertama mulai berkembang pada abad ke-18. Perusahaan pertama yang menawarkan asuransi jiwa adalah Amicable Society for a Perpetual Assurance Office yang didirikan di Londo pada tahun 1706. Perusahaan asuransi jiwa ini didirikan oleh William Talbot dan Sir Thomas Allen. Lalu pada tahun 1762, Edward Rowe Mores membangun perusahaan Society for Equitable Assurances on Lives and Survivorship. Dua perusahaan ini menjadi basic dari asuransi jiwa modern.

Asuransi Kecelakaan Pertama

Pada akhir abad ke-19, asuransi kecelakaan mulai diperhatikan. Perusahaan pertama yang menawarkan asuransi kecelakaan adalah perusahaan Railway Passengers Assurance yang dibangun di tahun 1848. Munculnya asuransi kecelakaan ini sebagai solusi semaki meningkatnya angka kecelakaan dan kematian karena adanya sistem transportasi kereta api.

Asuransi Usia Tua Pertama

Selain asuransi kecelakaan, pada akhir abad ke-19 juga muncul program asuransi nasional yang dikeluarkan pemerintahan. Program asuransi nasional ini untuk penyakit dan usia tua. Bila diterusuri lagi, German merupakan negara yang dibangun di atas tradisi program kesehahteraan. Pada tahun 1880-an Kanselir Otto von Bismarck sudah memperkenalkan asuransi pensiun, kecelakaan, perawatan medis sebagai dasar kesejahteraan Jerman. Di Prusia dan Saxony, program asuransi ini mulai ada sejak tahun 1840.

Setidaknya sekarang kita tahu mengenai sejarah asuransi jiwa, kesehatan dan jenis asuransi lainnya.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger