Tips Memilih Konsultan bisnis yang Tepat

Bila Anda berniat untuk membangun satu bisnis atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, pastinya akan ada banyak rintangan yang menanti di depan yang akan menentukan kesuksesan Anda kemudian. Menghadapi rintangan ini sendirian bisa jadi sangat sulit, karenanya saat ini banyak pengusaha yang menggunakan jasa konsultan bisnis atau bisnis couch untuk membantu mereka.

Memilih konsultan bagi bisnis tentunya tidak boleh sembarangan karena berhubungan langsung dengan kesuksesan bisnis Anda di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu dalam memilih konsultan bisnis yang tepat, di antaranya:

konsultan bisnis
Carilah informasi mengenai penyedia jasa konsultasi bisnis yang terpercaya. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menemukan informasi tersebut, misalnya saja dengan bertanya kepada rekan bisnis Anda yang pernah memakai jasa konsultan dan dengan melihat daftar penyedia jasa konsultan bisnis yang bisa dengan mudah ditemukan di internet.

Cek referensi dan portofolio/company profile. Mintalah company profile dan portofolio penyedia jasa konsultan ini dan cobalah cek referensi dari dua klien terakhirnya. Cari tahu apa saja yang konsultan tersebut lakukan, apakah itu sesuai dengan yang Anda harapkan. Kemudian apakah klien tersebut puas dengan hasilnya, bila tidak tanyakan alasannya. Terakhir, tanyakanlah secara detil terkait kinerja si konsultan.

Berbincanglah dengan calon konsultan. Setelah Anda menyempitkan pilihan dengan membuang beberapa nama konsultan, luangkanlah waktu untuk berbincang dengan setiap calon konsultan yang Anda pilih. Beberapa konsultan bahkan ada yang menyediakan konsultasi gratis yang bisa Anda manfaatkan. Dengan perbincangan atau konsultasi gratis ini Anda bisa menentukan mana konsultan yang benar-benar mengerti tentang kebutuhan bisnis yang Anda jalankan, serta cocok dengan diri Anda. Ada beberapa hal yang bisa menjadi indikasi kecocokan Anda dengan konsultan, misalnya saja:
  • Apakah Anda merasa tambah bersemangat atau justru sebaliknya setelah berkonsultasi?
  • Bisakah Anda mempercayai si konsultan serta yakin bisa mendapatkan hasil yang bagus dengannya?
  • Apakah Anda menikmati sesi konsultasi tersebut?
Pastikan dengan siapa Anda akan bekerja. Beberapa penyedia konsultasi bisnis memiliki tim konsultan yang berbeda-beda. Penting sekali memastikan siapa yang akhirnya akan menjadi konsultan Anda. Jangan sampai Anda akhirnya bekerja bersama dengan konsultan yang belum pernah Anda temui, yang ternyata tidak cocok dengan Anda.

Pastikan ketersediaan si konsultan untuk melakukan konsultasi dengan Anda. Beberapa konsultan bisa saja hanya dapat melakukan konsultasi pada siang hari, atau hanya pada akhir pekan. Pastikan jadwal Anda dengan jadwal konsultan bisa diatur untuk menemukan waktu yang tepat.

Memilih konsultan bisnis yang tepat bisa membantu bisnis Anda berkembang lebih pesat. Karenanya, jangan tergesa-gesa dalam memilihnya. Semoga membantu (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger