Memotong Biaya Listrik Water Heater

Peralatan water heater merupakan peralatan ke-3 di rumah Anda yang paling banyak mengkonsumsi listrik (setelah kulkas dan AC). Pada umumnya penggunaan pemanas air ini bisa menyumbang hingga 18% dari seluruh tagihan listrik bulanan. Lalu gimana caranya memotong tagihan listrik yang digunakan untuk pemanas air?

Tips Berhemat Dengan Tetap Menggunakan Water Heater

water heater
  • Pastikan tidak ada kebocoran. Sedikit saja ada kebocoran pada pipa atau tank pemanas air dapat menyebabkan peningkatan kerja peralatan ini sehingga konsumsi tenaga listrik juga semakin banyak.\
  • Disarankan water heater di pasang di atas hingga semua aliran dari tanknya akan mengalir kebawa sehingga tenaga listriknya lebih hemat.
  • Jaga kehangatan air dalam tangki. Jika air dalam tangki cepat dingin, alat pemanas air ini akan memanaskannya lagi. Bayangkan jika setiap jam air dipanaskan lagi dan lagi, bisa disimpulkan bahwa banyak listrik yang dikonsumsi perhari. Lalu gimana cara untuk menjaga kehangatan air tangki untuk waktu lama? Dengan menutupisnya dengan cover khusus, coba cek buku panduan atau bertanya kepada ahli karena biasanya ada cover rekomendasi yang berbeda-beda. Dan pastikan thermostat tidak tertutupi ya.
  • Atur thermostat pemanas air pada 120°F untuk mendapatkan suhu air panas yang cocok digunakan untuk mandi dan mencuci. Tapi untuk pastinya lagi bisa dicek pada buku panduannya atau pada penjualnya.
  • Tutupi 1-2 meter pipa air panas (keluar) dan dingin (masuk) yang terhubung ke pemanas air dengan cover yang digunakan untuk menutupi mesin pemanas air.
  • Cari peralatan elektronik yang menggunakan sistem hemat air terutama untuk peralatan yang menggunakan air hangat dari pemanas air seperti mesin cuci baju dan piring. Dengan pemanas air Anda pun tidak perlu bekerja keras menyuplai air panas dalam jumlah banyak untuk elektronik tersebut.
  • Cari produk pemanas air yang menawarkan heat trap untuk pipa airnya. Sekarang sudah banyak produk yang menawarkan heat trap terutama produk dari luar negeri. Dengan adanya heat trap, air pada pipa tidak akan cepat mendingin dan air yang masuk ke dalam mesin tidak akan terlalu dingin.
  • Tiga bulan sekali, kuras semua air dalam tangki untuk menghilangkan sedimen-sedimen yang tertimbun dalam tangki. Sedimen tersebut dapat menghambat perpindahan panas alias menurunkan keefisiensian kerja water heater Anda. Cara mengurasnya bisa dicek di buku panduan. Selain bagus untuk memastikan mesin pemanas air bekerja dengan baik, cara ini menjaga agar pemanas air awet untuk waktu yang lama.
  • Pilih solar water heater dibandingkan yang menggunakan sumber energi listrik. Seperti namanya, sumber energinya adalah panas matahari bukan listrik yang berarti pengguannya tidak akan membuat tagihan listrik Anda membengkak.


Semoga artikel informasi water heater / pemanas air ini membantu.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger