Latihan Fitness yang Baik dan Benar

Alat fitness adalah alat khusus yang diciptakan untuk memaksimalkan latihan fitness yang sedang dijalankan. Dengan adanya alat fitness yang tepat tentu saja latihan yang dilakukan bro dan sis akan lebih mudah. Namun tanpa adanya pengetahuan tentang cara latihan fitness yang benar dan baik, tubuh akan diserang rasa pegal, salah urat atau keseleo, pastinya gak mau begitu kan? Klo jawabannya YA, sekarang masalahnya adalah gimana langkah latihan fitness yang benar? Berikut ini langkah yang bro dan sis lakukan:

Pemanasan
Jangan melakukan olahraga berat tanpa melakukan pemanasan seperti jogging ringan selama 5 menit. Emangnya penting melakukan pemanasan? Penting banget bro dan sis. Pemanasan yang bro dan sis lakukan sangat berguna untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh secara rata sehingga tubuh siap melakukan tahap berikutnya.

Peregangan
fitness
Tahap ke-2 adalah peregangan. Kok belum masuk ke latihan fitness utama? Peregangan memberi kesempatan tubuh untuk rileks sehingga bro dan sis bisa fokus secara fisik dan metal dengan latihan fitness yang akan dilakukan. Jadi diharapkan bro dan sis tidak skip tahap ke-2 ini.

Sekarang sudah banyak video peregangan jadi bro dan sis tinggal dicari. Cuma sangat disarankan melakukan peregangan secara bertahap dan dalam setiap gerakan, tahan setiap posisi selama 10 – 20 detik.

Latihan Fitness
Sudah pemanasan dan peregangan, sekarang saatnya masuk ke menu utama latihan yaitu latihan fitness. Pastikan bro dan sis sudah tahu goal yang ingin dicapai. Latihan fitness yang dilakukan menyesuaikan dengan goal yang sudah bro dan sis tentukan. Contoh: untuk memiliki tangan yang kekal, berarti bro atau sis butuh latihan beban dengan pilihan alat fitness seperti barbel atau alat pull down

Nah, sekarang lanjut ke tips latihan fitness yang perlu bro dan sis ketahui:
  • Jangan paksakan otot. Lakukan semua peralatan fitness mulai dari tahap yang paling mudah terlebih dahulu. Baru kemudian secara bertahap menambah kesusahan latihan tersebut. Contoh untuk latihan bebab, mulailah dari beban yang ringan. Hal ini dilakukan agar otot tidak kaget dan keseleo. Kemudian secara bertahap baru tambah beban yang lebih berat.
  • Berikan waktu istirahat pada otot. Setelah melakukan 1 set latihan fitness, istirahatkan otot terlebih dahulu sebelum melanjutkan set latihan lain baik dengan alat fitness yang sama atau berbeda. Contoh setelah 1 set (15 kali) angkat beban 5 kg, istirahatkan otot untuk beberapa detik baru kemudian lanjut lagi. Jadi bisa dibilang antara setiap set berikan beberapa detik waktu istirahat untuk otot.
  • Jangan forsil tubuh setiap hari. Ingin punya perut ideal, bukan berarti setiap hari melakukan latihan fitness. Untuk olahraga yang dilakukan setiap hari cukup olahraga ringan seperti jalan pagi, yoga, berenang dan bersepeda.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger