Menghitung Usia Kehamilan Bunda

Mengetahui usia kehamilan adalah hal yang penting. Dengan mengetahui usia kehamilan, bunda bisa mengetahui perkembangan organ janin dan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh janin sesuai dengan perkembangan di dalam perut bunda. Bagi para bunda yang ingin tahu usia kehamilan namun tidak tahu caranya, jangan khawatir karena sekarang ada cara mudah menghitung usia kehamilan

Berikut ini cara-cara menghitung usia kehamilan

Perhitungan Usia Kehamilan dengan Jasa Ahli

Cara pertama merupakan cara paling mudah namun bunda perlu mengeluarkan uang. Cara apakah itu? Konsultasi langsung dengan dokter kandungan. Cara ini memang paling aman walaupun membutuhkan uang. Pada umumnya dokter kandungan akan melakukan usg untuk mendapatkan hasil pasti. Dengan menggunakan usg, bunda juga bisa melihat bentuk dan perkembangan janin.


Perhitungan Usia Kehamilan dengan Kalender

Cara kedua menggunakan perhitungan kalender. Cara ini merupakan cara paling mudah dan dapat dipraktetkan oleh bunda. Namun ada syaratnya, yaitu bunda perlu tahu patokan untuk memulai perhitungan. 

Belum Meminta Pendapat Ahli

usia kehamilan
Jika bunda belum meminta pendapat dari ahli, berarti bunda tidak ada potakan untuk melakukan perhitungan. Namun tidak perlu khawatir karena bunda bisa menggunakan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Cara ini berlaku jika bunda memiliki siklus haid yang teratur, yaitu 28 hari atau 30 hari. Berikut rumus Naegele yang bisa digunakan:

  • Tanggal pertama dari haid terakhir + 7 = tanggal perkiraan lahir
  • Bulan pertama dari haid terakhir – 3 = bulan perkiraan lahir
  • Tahun pertama dari haid terakhir + 1 = tahun perkiraan lahir

Contoh: Tanggal pertama dari haid terakhir adalah 17 Agustus 2015, jika diaplikasikan rumus Naegele jadi
17 + 7 = 24

8 – 3 = 5

2015 + 1 = 2016

Jadi hari perkiraan lahir buah hati bunda adalah 24 Mei 2016. Jadi bulan pertama kehamilan jatuh pada tanggal 24 September2015. Jika saat ini adalah tanggal 30 Oktober 2015 maka bunda sudah mengandung 2 bulan lewat 6 hari.

Setelah Meminta Pendapat Ahli

Dokter akan memberikan tanggal perkiraan lahir dan hasil usg, dari sana ibu bisa menghitungnya. Contoh : dokter kandungan memperkirakan tanggal lahir buah hati adalah 17 Juni 2016. Maka setiap tanggal 17 pada bulan sebelumnya dianggap sebagai pertambahan umur janin. Jika hari ini adalah tanggal 18 November 2015, maka usia kandungan bunda adalah 2 bulan lewat 1 hari.

Semoga cara menghitung usia kehamilan ini membantu bunda.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger